Comscore Tracker

Pegawai KPU Pasaman Barat Positif COVID-19 Usai Tes Usap di Bandara

Ada sembilan warga Pasaman Barat positif COVID-19 kemarin

Jakarta, IDN Times - Seorang pegawai Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pasaman Barat, Sumatra Barat (Sumbar), perempuan berinisial YWN terkonfirmasi positif COVID-19 bersama sembilan warga lainnya.

Ketua KPU Pasaman Barat Alharis mengatakan, YWN dinyatakan positif virus corona setelah melakukan tes usap di Bandara Internasional Minangkabau Padang pada 16 November 2020.

“Benar, kami dapat informasi dari Gugus Tugas COVID-19 Pasaman Barat ada seorang pegawai KPU yang positif. Hasilnya keluar hari ini, dan terhadap pelayanan di KPU akan kami bicarakan lebih lanjut,” ujar Alharis, dikutip dari ANTARA, Jumat (20/11/2020).

Sepulangnya dari Padang, perempuan 44 tahun itu sempat masuk kantor pada Rabu (18/11/2020). Namun, saat itu ia hanya sesaat masuk ke dalam kantor.

“Jika memang kami semua dites usap, maka kami akan menjalaninya,” ujar Alharis.

Baca Juga: Cagub Kalimantan Tengah Positif COVID-19, Sugianto Absen Debat Pilkada

1. Penambahan kasus positif bedasarkan informasi Laboratorium Fakultas Kedokteran Unand Padang

Pegawai KPU Pasaman Barat Positif COVID-19 Usai Tes Usap di BandaraRelawan Indonesia Bersatu Lawan COVID-19 melakukan tes cepat COVID-19 (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Penyebaran COVID-19 Pasaman Barat Gina Alecia menyampaikan, penambahan kasus pasien positif COVID-19 berdasarkan informasi Laboratorium Fakultas Kedokteran Unand Padang.

Gina menyebutkan pasien positif tersebut adalah perempuan berinisial R (36), laki-laki inisial YA (15), laki-laki inisial AF (3), dan laki-laki inisial REP (8).

“Empat orang itu merupakan suspect COVID-19 dan keempatnya warga Jorong Bukit Nilam Kecamatan Pasman,” ujar dia.

2. Banyak pasien baru terkonfirmasi positif COVID-19, karena berkontak erat dengan pasien positif sebelumnya

Pegawai KPU Pasaman Barat Positif COVID-19 Usai Tes Usap di BandaraIlustrasi Tes Usap/PCR Test. IDN Times/Hana Adi Perdana

Beberapa pasien baru yang terkonfirmasi positif COVID-19 disebabkan karena berkontak erat dengan kasus terkonfrimasi positif sebelumnya. Adapun pasien tersebut ialah perempuan berinisial F (45) warga Jorong Simpang Empat, Kecamatan Pasaman dan perempuan berinisial LPY (36) warga Jorong Kampung Cubadak, Kecamatan Pasaman.

Selain itu, ada juga pasien perempuan berinisial WN (32) warga Jorong Pesaman Baru yang juga tertular COVID-19, karena berkontak erat dengan kasus sebelumnya. Kemudian, pasien lainnya adalah perempuan inisial SA (45) dan pasien perempuan inisial NM (62).

“Untuk sembilan pasien konfirmasi positif tersebut saat ini sedang dilakukan pemeriksaan lebih lanjut di RSUD Pasaman Barat dan direncanakan untuk diisolasi di Diklat BKPSDM Talu Kecamatan Talamau,” ujar Gina.

3. Telah dilakukan penelusuran untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19

Pegawai KPU Pasaman Barat Positif COVID-19 Usai Tes Usap di BandaraIlustrasi Test Swab (Dok. IDN Times)

Gina mengatakan, saat ini juga telah dilaksanakan langkah cepat proses pelacakan untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di Pasaman Barat.

Ia mengajak masyarakat saling bekerja sama dalam menghambat laju penularan COVID-19, dengan selalu bersikap kooperatif serta bersikap tenang.

“Mohon dukungan seluruh masyarakat untuk selalu bahu-membahu membasmi penyebaran COVID-19 di Pasaman Barat dengan selalu disiplin mematuhi protokol kesehatan, seperti rajin mencuci tangan dengan air mengalir, selalu memakai masker, menjaga jarak seta menjauhi kerumunan,” kata Gina.

Baca Juga: 3 Anggota KPU Kepri Positif COVID-19, Debat Pilkada Ditunda

Topic:

  • Fikriyah Nurshafa
  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya