Satgas COVID-19 Tambah 2 Tower di Wisma Atlet untuk Isolasi Pasien

Satgas COVID-19 juga mengampanyekan protokol kesehatan 

Jakarta, IDN Times - Satuan Tugas (Satgas) COVID-19 tengah menyiapkan dua tower tambahan di Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat, sebagai tambahan untuk fasilitas isolasi mandiri pasien positif virus corona.

Fasilitias tambahan ini disiapkan bagi warga yang terinfeksi virus corona, namun tidak memiliki tempat untuk melakukan karantina mandiri.

“Rencana kami akan menggunakan Tower 4 dan Tower 5 Wisma Atlet Kemayoran sebagai flat isolasi mandiri mulai Selasa, (8/9/2020) pekan depan,” kata Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Doni Manardo, seperti yang dikutip dari ANTARA, Jumat (4/9/2020).

1. Pemerintah siapkan fasilitas isolasi mandiri untuk pasien positif COVID-19

Satgas COVID-19 Tambah 2 Tower di Wisma Atlet untuk Isolasi PasienRS Darurat Wisma Atlet (Dok. Gugus Tugas COVID-19)

Pada Jumat (4/9/2020) kemarin, Satgas COVID-19 melaporkan penambahan 3.269 pasien COVID-19 dalam sehari, sehingga jumlah akumulatif warga yang terserang penyakit ini menjadi 187.537 orang.

Menyikapi hal ini, pemerintah menyiapkan fasilitas isolasi mandiri karena penambahan jumlah warga yang terserang COVID-19 itu cenderung meningkat.

“Kami harapkan fasilitas air dan listrik sudah siap sehingga Tower 4 sudah dapat digunakan dan segera menyusul Tower 5,” kata Doni, dikutip dalam siaran pers Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Baca Juga: Doni: 62 Persen Pasien Corona di RS Wisma Atlet Pengguna Angkutan Umum

2. Gugurnya 100 dokter selama pandemik COVID-19

Satgas COVID-19 Tambah 2 Tower di Wisma Atlet untuk Isolasi PasienDokter meninggal karena COVID-19 ( ANTARA FOTO/Ampelsa)

Meningkatnya jumlah pasien positif virus corona ini juga diiringi dengan meningkatnya jumlah dokter yang gugur selama pandemik COVID-19.

Doni menyampaikan keprihatinan atas gugurnya 100 dokter selama pandemik COVID-19.

“Dokter-dokter mestinya menjadi benteng terakhir. Yang berada di garis terdepan adalah kita semua, bukan dokter atau tenaga kerja. Kalau kita sayang dengan dokter-dokter yang merupakan aset bangsa, kita harusnya patuh pada protokol kesehatan,” kata Doni.

3. Satgas COVID-19 mengampanyekan prokol kesehatan dengan tema “Pesan Ibu”

Satgas COVID-19 Tambah 2 Tower di Wisma Atlet untuk Isolasi PasienTim Medis RS Darurat COVID-19 di Wisma Atlet, Kemayoran (Instagram/@nandamalr)

Satgas Penanganan COVID-19 sendiri akan menggalakkan kampanye protokol kesehatan dengan mengusung tema “Pesan Ibu”.

Tema ini dipilih karena ibu sebagai figur yang dihormati oleh anak-anaknya, ibu juga diharapkan bisa menjadi teladan dalam menjalankan protokol kesehatan.

“Kalau kita sayang dengan ibu kita, tentu kita akan menjaga jangan sampai ibu kita tertular, apalagi yang punya penyakit bawaan seperti jantung dan diabetes mudah tertular,” ujar Doni.

Baca Juga: Wisma Atlet untuk Karantina Beda Lokasi dengan RS Darurat Wisma Atlet

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya