Satu Tahun Menjabat, Ini Pesan Ma’ruf Amin untuk Millennials 

Ma'ruf Amin juga berpesan soal KPop lho~

Jakarta, IDN Times - Tepat pada 20 Oktober 2019, sudah satu tahun Presiden Joko “Jokowi” Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin menjabat sebagai pemimpin Indonesia.

Ketika resmi dilantik menjadi Wakil Presiden Indonesia, Ma’ruf Amin tercatat menjadi Wakil Presiden Indonesia tertua dalam sejarah. Saat dilantik, pria kelahiran 11 Maret 1943 ini tengah berusia 76 tahun.

Meskipun begitu, Ma’ruf Amin memiliki jiwa muda seperti layaknya pria paruh baya. Selama satu tahun menjabat, sering kali Ma’ruf Amin menyampaikan harapannya untuk millennials di Indonesia.  

Berikut pesan dan harapan Ma’ruf Amin untuk generasi millennials di Indonesia.

1. Pesan Ma’ruf, millennials jangan pernah merasa aman selama pandemik COVID-19

Satu Tahun Menjabat, Ini Pesan Ma’ruf Amin untuk Millennials Wakil Presiden Ma’ruf Amin (Dok. Setwapres)

Wakil Presiden RI terus mengingatkan bahaya infeksi virus corona, tak terkecuali kepada kaum millennials Indonesia Ma’ruf Amin mengatakan banyak millennial merasa sehat padahal mereka adalah orang tanpa gejala (OTG) yang bisa menularkan virus tersebut kepada orang lain.

Oleh sebab itu, ia berpesan agar terus menjaga kesehatan dan menaati imbauan pemerintah terkait COVID-19. Menurutnya, anak muda juga banyak yang terpapar virus itu sehingga dia berpesan jangan menyepelekan virus ini.

“Kepada anak-anak muda jangan merasa aman, karena banyak juga anak muda yang terkena. Ternyata anak muda ini tidak kuat menahan jenuh, tidak mau diam di rumah. Karena itu, kita harus mampu menahan kejenuhan ini (untuk) menjaga imunitas. Kemudian menjaga jarak merupakan hal penting menjaga keamanan dan keselamatan kita dalam situasi seperti ini,” kata Ma’ruf yang dikutip dari pemberitaan IDN Times sebelumnya, Senin (25/5/2020).

Baca Juga: Setahun Jokowi dan Ma'ruf, Apa Kabar Janji soal Transformasi Ekonomi?

2. Ma’ruf harapkan KPop bisa menginspirasi anak bangsa untuk go internasional

Satu Tahun Menjabat, Ini Pesan Ma’ruf Amin untuk Millennials Wakil Presiden RI Maruf Amin Memimpin Salat Jumat di Masjid Baiturahman (Dok. Humas Setwapres)

Ma’ruf Amin mengatakan budaya Korea yang didiseminasi di Indonesia melalui KPop (musik pop Korea) dan film drama Korea (drakor) memiliki potensi untuk meningkatkan kreativitas generasi muda Indonesia dalam membawa budaya Indonesia untuk ‘go international’.

“Saat ini anak muda di berbagai pelosok Indonesia juga mulai mengenal artis KPop dan gemar menonton drama Korea. Maraknya budaya K-Pop diharapkan juga dapat menginspirasi munculnya kreativitas anak muda Indonesia dalam berkreasi dan mengenalkan keragaman budaya Indonesia ke luar negeri,” kata Ma’ruf yang dikutip dari pemberitaan IDN Times sebelumnya, Minggu (20/9/2020).

Ma’ruf menjelaskan, dengan banyaknya produk Korea yang diproduksi di Indonesia dapat menjadi momentum pembelajaran bagi anak-anak bangsa untuk dapat menciptakan produk dengan kualitas yang baik dan berdaya saing.

Sehingga, dalam jangka panjang diharapkan dapat mendorong proses industrialisasi Indonesia. Di sisi lain, Wapres melihat hubungan sosial budaya antara Korea dan Indonesia sekarang ini memiliki daya tarik yang tinggi bagi generasi Korea.

3. Tingkatkanlah SDM berdaya saing dengan karakter dan integritas

Satu Tahun Menjabat, Ini Pesan Ma’ruf Amin untuk Millennials Wakil Presiden Ma’ruf Amin (Dok. Setwapres)

Terkait dengan upaya peningkatan kapasitas dan penguatan identitas, Ma’ruf Amin melihat peran Universitas atau lembaga pendidikan sangat berpengaruh penting kepada perkembangan millennials.

Diberitakan sebelumnya, Ma’ruf Amin mengatakan hal pertama ialah menyisipkan pemahaman ideologi Pancasila secara kreatif dalam pembelajaran. Kedua, perlu ditekankan upaya pengasahan dan penguatan karakter millennials.

“Pendidikan karakter sambil menanamkan identitas lokal perlu dilaksanakan dalam porsi yang sama dengan pendidikan kompetensi. Akan tetapi metode pendidikan karakter tersebut haruslah lebih inovatif dan kreatif agar tetap menarik dan efektif,” ujar Ma’ruf, Minggu (17/5/2020).

Terakhir ialah penyempurnaan pendidikan hard skill dan soft skill bagi generasi millennials agar mereka dapat menyeimbangkan kemampuan dalam diri sendiri.

4. Millennials harus saling jaga, jangan putus asa

Satu Tahun Menjabat, Ini Pesan Ma’ruf Amin untuk Millennials Wakil Presiden Ma’ruf Amin (Dok. Setwapres)

Ma'ruf Amin menanamkan rasa optimismenya kepada anak-anak Indonesia dalam menghadapi setiap masalah, terutama pandemik COVID-19, yang tidak diketahui kapan akan berakhir.

Meskipun semua kegiatan saat ini dilakukan dari rumah, Ma’ruf Amin mengungkapkan optimisme harus terus dipupuk dan dibangun. Walaupun kurang nyaman, kata dia, bukan berarti harus bersedih.

“Justru ini saatnya anak-anak Indonesia untuk saling jaga satu sama lain supaya tidak tertular COVID-19, sehingga wabah ini dapat segera berakhir” ujar Ma’ruf Amin yang dikutip dari pemberitaan IDN Times, Rabu (22/7/2020).

5. Sejak pencalonan, Jokowi-Ma’ruf Amin fokus kepada suara millennials

Satu Tahun Menjabat, Ini Pesan Ma’ruf Amin untuk Millennials Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Maruf Amin berada di Istana Negara saat pelaksanaan Upacara Hari Kemerdekaan RI ke-75 pada Senin, (17/8/2020) (Youtube.com/Sekretariat Presiden)

Sejak awal pencalonan, Presiden Jokowi dan Ma’ruf Amin menyatakan memiliki keberpiihakan kepada anak muda dalam kepemimpinannya. Bahkan, keduanya sempat membuat Relawan KitaSatu yang merupakan millennials pendukung Jokowi-Ma’ruf Amin.

Melalui relawan ini diharapkan generasi millennials dapat menyampaikan aspirasinya secara langsung kepada Presiden dan Wakil Presiden periode 2019-2024. Sayang, kenyataannya relawan ini tidak berfungsi seperti yang seharusnya. Sehingga, banyak generasi millennials yang tidak bisa menyampaikan aspirasinya kepada Jokowi-Ma’ruf Amin.

Baca Juga: Mengingat Kembali 5 Program Prioritas Jokowi-Ma'ruf, Kamu Ingat Gak?

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya