Comscore Tracker

Susi Pudjiastuti Sedih Wisatawan Buang Sampah di Pantai Pangandaran

Bu Susi sampai punguti sampah plastik yang mengotori pantai

Jakarta, IDN Times - Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia periode 2014-2019, Susi Pudjiastuti, mengunjungi Pantai Pangandaran di Ciamis, Jawa Barat. Susi tampak kecewa melihat banyak sampah berserakan di pasir Pantai Pangandaran usai musim libur panjang.

Kekecewaan Susi terlihat dari unggahan video di akun Instagram pribadinya, @susipudjiastuti115, pada Kamis (5/11/2020). Postingan video berdurasi satu menit itu pun telah ditonton lebih dari 135 ribu pengguna Instagram.

“Wisata kembali, sampah kembali, bisa kah kita berbeda untuk tidak lagi membuang sampah sembarangan... saya sedih melihat Pantai Pangandaran pagi ini,” tulis Susi Pudjiastuti dalam postingan di Instagramnya.

1. Susi kecewa dengan sampah plastik yang bertebaran di Pantai Pangandaran

Susi Pudjiastuti Sedih Wisatawan Buang Sampah di Pantai PangandaranInstagram.com/susipudjiastuti115

Video unggahan berdurasi satu menit tersebut menggambarkan Pantai Pangandaran yang indah, namun banyak sampah plastik yang bertebaran di pasirnya. Sehingga, Susi yang saat itu sedang berkunjung menjadi kecewa melihat hal tersebut.

“Sudah lama hampir 3 minggu, sebulan mungkin lebih tidak berkunjung ke Pangandaran. Karena selalu ramai tiap kali weekend. Tapi sekarang apa yang saya lihat? Sampah plastik berserakan. Sedih,” ujar Susi.

Baca Juga: 2 Bulan Susi Air Tak Terbang, Susi: Ini Ekonomi Tersulit di Hidup Saya

2. Video kekecewaan Susi mendapat banyak komentar netizen

Susi Pudjiastuti Sedih Wisatawan Buang Sampah di Pantai PangandaranInstagram.com/susipudjiastuti

Dalam video itu, terlihat Susi Pudjiastuti yang mengenakan pakaian berwarna putih dan hitam mengambil beberapa sampah plastik seraya mengutarakan rasa kecewa atas pemandangan yang dilihatnya.

Susi bertanya dalam video tersebut, kenapa masyarakat harus menyampah di laut? Apakah masyarakat tidak bisa menjaga untuk tidak menyampah sembarangan saat berwisata?

Postingan tersebut pun menuai banyak komentar dari netizen Instagram. Salah satunya akun Instagram @ari_wibowo156.

“Sedih sekali melihat perilaku dari kita yang belum sadar lingkungan.. tetap semangat dalam menebar kebaikan ya bu,” tulisnya dalam kolom komentar.

3. Yuk, jangan buang sampah sembarangan!

Susi Pudjiastuti Sedih Wisatawan Buang Sampah di Pantai PangandaranBersih-bersih sungai dan jaring sampah di Kota Denpasar (Dok.IDN Times/Humas Pemkot Denpasar)

Pada akhir video, Susi mengajak masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan saat berwisata, khususnya di pantai.

“Apa kita tidak bisa menjaga dengan tidak membuang sampah sembarangan saat berwisata? Ayolah, ayolah, jangan seperti ini. Sedih saya melihatnya?” ujar Susi.

Akun Instagram @ekopranowo4326 juga turut memberikan komentarnya. “Betul ibu, saya kalo sama keluarga main selalu bawa kantong kresek buat sampah, karna kalau bersih kita-kita juga yang nyaman kan lihatnya? betul kan bu,” tulisnya, sependapat dengan Susi.

Baca Juga: Bu Susi Buka Lowongan Kerja untuk Lulusan SMA dan SMK, Kamu Tertarik?

Topic:

  • Fikriyah Nurshafa
  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya