1.694 WNI ABK Kapal Pesiar Jerman Dipulangkan ke Tanah Air

Pemulangan ABK tersebut dibantu perwakilan RI di Jerman

Jakarta, IDN Times - Sebanyak 1.694 anak buah kapal (ABK) Indonesia yang bekerja di kapal pesiar di Jerman, berhasil dipulangkan ke Tanah Air.

Dikutip dari Antara, Senin (18/5), kloter ABK terakhir yang dipulangkan sebanyak 238 orang dari kapal pesiar AIDA, yang diberangkatkan dari Bandara Frankfurt pada 17 Mei dengan menggunakan pesawat carter Condor.

Baca Juga: 3 Agen yang Berangkatkan 14 ABK WNI ke Kapal Tiongkok Jadi Tersangka

1. ABK tersebut adalah gelombang terakhir yang dipulangkan dari Jerman

1.694 WNI ABK Kapal Pesiar Jerman Dipulangkan ke Tanah AirPemeriksaan Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Pelabuhan Benoa Bali (Dok.IDN Times/Humas Pemprov Bali)

Direktur Brand Emergency Response AIDA Cruises, Phlilipp Heidmann menyebutkan, pemulangan itu merupakan repatriasi terakhir kru kapal AIDA ke Indonesia.

"Hari ini adalah gelombang pemulangan terakhir. Jumlah total kru (kapal AIDA) dari Indonesia yang sudah direpatriasi selama pandemik COVID-19 ini sebanyak 718 kru," ujar Philipp.

2. Pemulangan ABK tersebut dibantu perwakilan RI di Jerman

1.694 WNI ABK Kapal Pesiar Jerman Dipulangkan ke Tanah AirPemeriksaan Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Pelabuhan Benoa Bali (Dok.IDN Times/Humas Pemprov Bali)

Kepulangan para ABK tersebut berjalan sangat lancar. Persiapan kepulangan para kru Kapal AIDA itu dikoordinasikan oleh seluruh perwakilan RI di Jerman.

Koordinasi rencana pemulangan dengan pihak perusahaan serta otoritas terkait di Jerman dan di Indonesia dilakukan oleh Kedutaan Besar RI (KBRI) Berlin.

Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Frankfurt bertugas untuk koordinasi teknis repatriasi dengan otoritas terkait di Bandara Frankfurt. Sementara KJRI Hamburg mengoordinasikan dengan pihak perusahaan untuk ketibaan para kru di Pelabuhan Hamburg, serta keberangkatan menuju Bandara Frankfurt.

"Alhamdulillah, koordinasi kita lancar. Masing-masing menjalankan tugasnya dengan sangat baik. Ketiga perwakilan juga melakukan pendampingan sejak kru diberangkatkan dari Hamburg sampai mereka diterbangkan ke Indonesia," ujar Duta Besar RI untuk Jerman Arif Havas Oegroseno.

3. Setibanya di Indonesia, ABK tersebut akan menjalani protokol kesehatan COVID-19

1.694 WNI ABK Kapal Pesiar Jerman Dipulangkan ke Tanah AirKondisi Terminal 2 Keberangkatan domestik Bandara Internasional Soekarno Hatta, Jumat 15 Mei 2020 (Dok. Angkasa Pura II)

Dubes Oegroseno juga mengatakan, sampai pemulangan pada Minggu (17/5), total WNI kru kapal pesiar Jerman yang sudah dipulangkan ke Indonesia berjumlah 1.694 orang.

Kloter terakhir yang dipulangkan tersebut dijadwalkan akan tiba di Bandara Soekarno-Hatta Jakarta pada Senin (18/5) sore.

Setibanya di Jakarta, mereka akan menjalani standar prosedur penanganan COVID-19 yang diberlakukan oleh Pemerintah Indonesia.

Setelah selesai menjalani prosedur kesehatan itu, mereka akan diterbangkan ke kota asal mereka yakni Denpasar, Yogyakarta, Surabaya, Makassar, Bandar Lampung, dan Palembang.

Para kru mengaku merasa sangat gembira dapat pulang sebelum lebaran. Kadek, seorang kru asal Bali menyebutkan, ibunya selalu mengkhawatirkan kondisinya apalagi pada masa pandemik ini. Tentu dengan kepulangannya kembali ke Tanah Air bisa mengobati kerisauan ibunya selama ini.

Baca Juga: Kasus Perbudakan ABK, Imigrasi Tanjung Priok dan Pemalang Diperiksa

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya