6 Tokoh Ingatkan Tiga Partai Koalisi Ini

Pilkada Jatim jadi kunci soliditas koalisi

Jakarta, IDN Times - Sejumlah tokoh pergerakan dan aktivis Indonesia sangat berharap 'trio' Partai Gerindra, PAN dan PKS tetap kompak di pemilihan kepala daerah (Pilkada) Serentak 2018 di Provinsi Jawa Timur.

Baca juga: Partai Demokrat Umumkan 17 Pasangan Calon di Pilkada 2018

1. Jadi momen penting

6 Tokoh Ingatkan Tiga Partai Koalisi Ini IDN Times/Fitang Adhitia

Kekompakan ketiga partai tersebut di Pilkada Jatim, menjadi momen penting dan berharga untuk menunjukkan soliditas, sekaligus meraih dukungan luas dari kelompok rakyat yang selama ini tidak gembira dengan kebijakan pemerintah.

Hal tersebut disampaikan oleh sejumlah aktivis pergerakan dalam jumpa pers di Jakarta, Minggu (7/1). Para aktivis tersebut antara lain Faisal Assegaf (Progres 98), Habib Mahdi (Ketua GEMIRA), Heru Johansyah (Ketum Ksatria), Aminuddin (Sekjend Presidium Alumni 212), Karina De Vega (Ketua Umum AKSIRA) dan Rizal Kobar.

Baca juga: PDIP Masih Mencari Pengganti Azwar Anas di Pilkada Jatim

Ketua Progres 98 Faisal Assegaf mengatakan jika salah menetapkan pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur di Pilkada Jatim, ada sejumlah konsekuensi serius yang harus ditanggung 'trio' partai tersebut.

“Gerakan solidaritas umat Islam dan jaringan oposisi yang sejak awal menyerukan dukungan penuh kepada koalisi Gerindra, PKS dan PAN, pada akhirnya akan berpikir ulang. Karena mereka menilai ternyata aspirasi masyarakat di Jawa Timur oleh tiga partai tersebut tidak diakomodasi,” ujar Faisal.

2. Ada sebuah upaya?

6 Tokoh Ingatkan Tiga Partai Koalisi Ini IDN Times/Sukma Shakti

Faisal menilai, tarik-menarik proses rekomendasi pasangan Cagub-Cawagub yang akan diusung di Pilkada Jatim, memberi sebuah indikasi kuat adanya upaya-upaya yang mengganggu terhadap kekuatan dan soliditas koalisi ketiganya.

Jika hal itu dibiarkan, tegas Faisal, maka dapat memicu keresahan dan keretakan serius. “Akan berakibat fatal, menimbulkan reaksi mosi tidak percaya dari kader, simpatisan partai serta dukungan yang luas di masyarakat,” tuturnya.

Baca juga: Maju Pilkada Jabar, TB Hasanuddin dan Anton Charliyan Siap Mundur dari Jabatan

3. Desak Pimpinan tiga koalisi bertindak bijak

6 Tokoh Ingatkan Tiga Partai Koalisi Ini IDN Times/Sakti

Mengamati perkembangan tersebut, para tokoh pergerakan yang selama ini dikenal sebagai pihak yang getol memberi dukungan kepada koalisi PAN, PKS dan Gerindra tersebut, mendesak Ketum Gerindra, PAN dan PKS agar bertindak bijak dalam menetapkan pasangan calon Cagub-Cawagub sehingga tidak menimbulkan prahara politik. 

“Saya sampaikan di sini, bahwa kami akan evaluasi kembali dukungan kami kepada tiga partai tersebut, melalui pertemuan lintas tokoh, ulama dan elemen Islam. Dan hal itu tidak hanya berlaku bagi Pilkada Jawa Timur, tapi juga daerah lainnya,” tegas Faisal.

Baca juga: PDIP Deklarasikan 6 Pasangan Calon Gubernur untuk Pilkada 2018

Topik:

Berita Terkini Lainnya