7 Partai Dipastikan Lolos ke Parlemen, 9 Lainnya Ketar-ketir 

PDIP dan Gerindra diuntungkan dari pencapresan kadernya

Jakarta, IDN Times - Lembaga survei Voxpol Center Research and Consulting merilis hasil surveinya mengenai partai politik (parpol), yang dipastikan akan lolos menuju Senayan pada Pemilu Legislatif (Pileg) 2019.

Sedikitnya, ada tujuh partai yang dipastikan melenggang dengan perolehan suara di atas Parliamentary Treshold (PT) atau ambang batas parlemen sebesar 4 persen.

1. PDIP dan Partai Gerindra menjadi partai teratas di Pileg 2019

7 Partai Dipastikan Lolos ke Parlemen, 9 Lainnya Ketar-ketir ANTARA FOTO/ Reno Esnir

Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting Pangi Syarwi Chaniago mengatakan, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dengan perolehan 24,1 persen dan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) 19,3 persen. Keduanya menjadi partai yang menempati urutan teratas kelasemen.

“Elektabilitas partai-partai di luar kedua partai tersebut berada di bawah 10 persen,” ujar Pangi di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Selasa (9/4).

Baca Juga: Survei Voxpol: Sama-Sama Peluang Menang, Jokowi-Prabowo Bersaing Ketat

2. PDIP diuntungkan dengan pencapresan Jokowi

7 Partai Dipastikan Lolos ke Parlemen, 9 Lainnya Ketar-ketir IDN Times/Gregorius Aryodamar

Pangi menjelaskan PDIP berpotensi kuat sebagai pemenang Pemilu 2019, karena mempunyai asosiasi kuat terhadap figur petahana, Joko “Jokowi” Widodo.

“Penyerentakan pemilu legislatif dan pemilu presiden 2019 menciptakan bekerjanya struktur coattail effect, yaitu potensi tergiring nya suara pemilih capres terkuat untuk memilih partai pengusung atau pendukungnya,” kata dia.

Sementara, lima partai lainnya seperti Partai Golongan Karya (Golkar) 9,5 persen, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) 6,1 persen, Partai Demokrat 5,7 persen, Partai Nasional Demokrat (Nasdem) 4,3 persen, Partai Amanat Nasional (PAN)(4,1 persen) juga dipastikan dapat melaju dengan mudah ke Senayan.

Ketujuh partai tersebut, kata Pangi, memenuhi ambang batas parlemen 4 persen yang dipastikan berpotensi lolos ke Senayan.

3. PKS, PPP, dan Hanura harus bisa mengambil suara pemilih gamang

7 Partai Dipastikan Lolos ke Parlemen, 9 Lainnya Ketar-ketir Fitang

Sementara tiga partai yakni PKS, PPP, dan Partai Hanura sebagai partai lama terancam tidak lolos ambang batas parlemen, jika tidak mampu merebut hati undecided voter atau suara gamang.

“Namun masih ada beberapa partai yang berpeluang lolos ke Senayan dengan mempertimbangkan margin of error, PKS 3,9 persen, Perindo 3,3 persen, PPP 2,9 persen. Perindo menjadi satu-satunya partai baru yang punya peluang besar lolos ke Senayan,” kata dia.

Sisanya, partai-partai lain elektabilitasnya di bawah 2 persen. Hanura 1,1 persen, PBB 0,3 persen, PSI 0,2 persen, Berkarya 0,2 persen, PKPI 0,1 persen, dan Garuda 0,1 persen.

4. Survei dilakukan pada 18 Maret hingga 1 April 2019

7 Partai Dipastikan Lolos ke Parlemen, 9 Lainnya Ketar-ketir Fitang

Untuk diketahui, survei ini dilakukan pada 18 Meret hingga 1 April 2019 dengan melibatkan 1.600 responden di seluruh provinsi yang telah berusia 17 tahun ke atas. Pemilihan responden dilakukan secara acak dengan metode multistage random sampling dan wawancara tatap muka.

Margin of error atau tingkat kesalahan survei ini sebesar 2,45 persen, sedangkan tingkat kepercayaan survei 95 persen.

Baca Juga: Effendi Gazali: Seberapa Yakin Anda Dengan Hasil Lembaga Survei?

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya