Amien Rais akan Nyapres, PDIP: Sejak Dulu Ingin Jadi Presiden

Biarkan rakyat menentukan

Jakarta, IDN Times - Berhembus kabar mengenai kesiapan Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais yang akan mencalonkan diri sebagai presiden di 2019 mendatang.

Hal tersebut disambut baik oleh pihak PDI Perjuangan. Bagi PDIP semakin banyak yang mengikuti kontestasi pemilihan presiden maka semakin baik demokrasi yang telah dijalanin oleh negara ini.

Seperti apa respons lengkap PDIP, begini detailnya.

1. Isu pencalonan Amien Rais tak pengaruhi dukungan partai koalisi  

Amien Rais akan Nyapres, PDIP: Sejak Dulu Ingin Jadi PresidenInstagram/@amienraisofficial

Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menjelaskan setiap warga negara memiliki hak yang sama untuk dipilih dan memilih dalam ajang kontestasi pemilihan umum, asal cara yang dilakukannya tidak bertentangan dengan konstitusi yang ada.

“Siapapun yang akan maju sebagai calon presiden, sesuai dengan konstitusi mendapat dukungan partai politik atau gabungan partai politik yang mendapat dukungan kursi sekurang-kurangnya 20 persen,” ujar Hasto di kawasan Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Selasa (12/6).

2. Amien Rais sejak dulu ingin jadi presiden  

Amien Rais akan Nyapres, PDIP: Sejak Dulu Ingin Jadi PresidenANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Hasto mengatakan, mantan Ketua Umum PAN tersebut memang sudah sedari lama menginginkan posisi untuk menjadi Presiden, namun hingga saat ini rakyat belum memilihnya untuk menduduki jabatan tersebut.

"Ya sejak dulu kan Pak Amien pengen jadi presiden. Ya, nanti rakyat yang menentukan," ujar Hasto.

Langkah yang diambil Amien Rais tersebut juga tidak membuat partainya gentar untuk terus mendukung dan mencalonkan Joko Widodo kembali sebagai presiden di 2019 mendatang.

“Tidak (takut mengancam Jokowi), karena di masa lalu Pak Amien juga pernah maju," terangnya.

3. PDIP terus solidkan koalisi dukungan  

Amien Rais akan Nyapres, PDIP: Sejak Dulu Ingin Jadi PresidenIDN Times/Fitang Adhitia

Lebih lanjut, Hasto juga menyindir kepada siapa saja partai koalisinya yang tidak konsisten untuk mendukung pencalonan Jokowi karena adanya wacana Amien sebagai calon presiden.

"Ketika partai berpindah-pindah menjadi bunglon, rakyat akan tahu mana partai konsisten mana yang hanya kejar kekuasaan," tegasnya.

Baca juga: Amien Rais Siap Nyapres, PAN: Tunggu Rakernas  

Topik:

  • Sugeng Wahyudi

Berita Terkini Lainnya