Amien Rais Masih Berpengaruh Tentukan Siapa Calon Ketum PAN

Zulkifli Hasan calon kuat ketum PAN yang baru?

Jakarta, IDN Times - Peneliti LIPI Siti Zuhro mengatakan, Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais masih memiliki pengaruh yang besar bagi partai.

Amien Rais, kata dia, menjadi magnet tersendiri bagi para kader, terutama untuk menentukan sosok ketua umum partai yang baru.

1. Calon yang didukung Amien Rais berpotensi kuat menang

Amien Rais Masih Berpengaruh Tentukan Siapa Calon Ketum PANPeniliti LIPI Siti Zuhro (IDN Times/Fitang Budhi Adhitia)

Menurut Siti, calon ketua umum yang nantinya mendapatkan restu dari Amien, dipastikan akan dengan mudah memenangkan Kongres PAN tahun depan.

“Kali ini Pak Amien Rais akan masih berpengaruh, meskipun dari waktu ke waktu ini terkurangi tapi masih berpengaruh,” kata Siti di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (24/11).

Baca Juga: Amien Rais Restui Prabowo Jadi Menhan, Begini Reaksi Partai Gerindra

2. Amien Rais akan memilih Ketum PAN terbaik

Amien Rais Masih Berpengaruh Tentukan Siapa Calon Ketum PANAmien Rais. IDN Times/Dini Suciatiningrum

Kendati demikian, ujar Siti, Amin Rais bukanlah pemilik hak suara tunggal. Mengingat sosok Zulkifli Hasan yang menjadi anak kesayangannya di partai akan melawan sang anak Hanafi Rais untuk memperebutkan kursi ketum PAN.

Oleh sebab itu, Amien akan mempertimbangkan sosok ketum baru, karena Pemilu 2024 yang dirasa semakin sulit bagi PAN untuk bisa bersaing dengan partai lainnya.

“Karena itu, dia (Amien Rais) akan mempertimbangkan dari tiga sosok yang muncul itu siapa sosok yang paling bisa nantinya mendongkrak elektoralnya PAN, tidak sekadar perfamilian dan lain sebagainya,” jelas Siti.

3. Zulkifli Hasan calon kuat Ketum PAN yang baru

Amien Rais Masih Berpengaruh Tentukan Siapa Calon Ketum PANIDN Times/Aldzah Aditya

Siti menilai, kepemimpinan Hanafi Rais belum teruji. Karena itulah sosok Zulkifli bisa menjadi kandidat kuat untuk kembali memimpin PAN dalam lima tahun kedepan.

"Iya, kan (Hanafi) belum teruji. Ini (Zulkifli) kan sudah lima tahun, Ketua MPR pula. Secara pengalaman kan menang dia," ujarnya

"Dia (Zulkifli) incumbent-lah, incumbent di mana-mana kan kuat, dan sudah punya pengaruh, punya ceruk dukungan yang jelas," imbuhnya.

Baca Juga: Di Depan Jokowi, Zulkifli Hasan Singgung Lagi Wacana Kembalinya GBHN 

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya