Amien Rais Rilis Logo Partai Ummat, Simbolnya Perisai Tauhid

Warna kuning dan emas dalam logo terinspirasi Ka’bah

Jakarta, IDN Times - Amien Rais akhirnya merilis logo partai barunya, yakni Partai Ummat, yang baru dideklarisakan 1 Oktober 2020. Simbol dari Partai Ummat adalah perisai tauhid dengan dominan warna hitam dan emas.

“Setelah bermusyawarah panjang kami akhirnya memutuskan logo Partai Ummat adalah perisai tauhid. Di dada burung garuda pancasila bintang adalah simbol ketuhanan yang maha esa,” kata Amien dalam jumpa persnya secara daring di YouTube Amien Rais Official, Selasa (10/11/2020).

1. Amien Rais berharap partai barunya dapat memberi manfaat bagi bangsa Indonesia

Amien Rais Rilis Logo Partai Ummat, Simbolnya Perisai Tauhid(Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais ) ANTARA FOTO/Reno Esnir

Pendiri Partai Amanat Nasional (PAN) itu menjelaskan, kalimat tauhid dalam Islam disebut kalimat thayyibah, yakni pohon indah yang akarnya masuk ke dalam bumi. Sedangkan cabangnya menjulang tinggi ke angkasa yang dapat memberi manfaat kepada alam sepanjang massa.

“InsyaAllah Partai Ummat akan ikut memberikan manfaat bagi bangsa Indonesia selama keberadaan dan kehidupannya,” ujar Amien.

Baca Juga: Deklarasi Partai Ummat, PAN: Amien Rais Bukan Lagi Bagian Kami

2. Motto Partai Ummat adalah melawan kezaliman

Amien Rais Rilis Logo Partai Ummat, Simbolnya Perisai TauhidANTARA FOTO/Reno Esnir

Mantan Ketua MPR periode 1999-2004 itu menambahkan, kalimat tauhid oleh sebagian ulama juga dimaknai sebagai pembebasan umat manusia dari belenggu penghambaan kepada sesama manusia, menjadi penyembahan kepada Allah SWT semata.

“Itulah sebabnya motto perjuangan Partai Ummat adalah melawan kezaliman dan menegakkan keadilan,” tuturnya.

3. Warna kuning dan emas dalam logo terinspirasi dari Ka'bah

Amien Rais Rilis Logo Partai Ummat, Simbolnya Perisai TauhidLogo Partai Ummat (Dok.Channel YouTube Amien Rais)

Amien mengatakan logo yang didominasi hitam dan kuning keemasan merupakan simbol Ka’bah dari kain berludru warna hitam dan benang emas. Warna itu disebut mulia dan berwibawa. Ia juga berharap Partai Ummat bisa menjadi kiblat untuk orang-orang dalam berbuat kebaikan di masa depan.

“InsyaAllah logo dan bendera Partai Ummat mengingatkan selalu para kader dan anggota Partai Ummat agar dalam bekerja dan berjuang hanya mencari ridho ilahi dan bukan ridho manusia,” tuturnya.

4. Amien Rais mendeklarasikan Partai Ummat pada 1 Oktober 2020

Amien Rais Rilis Logo Partai Ummat, Simbolnya Perisai TauhidAmien Rais Menyatakan Nama Partai dan Mukaddimah Partai baru (Youtube.com/Amin Rais Official)

Setelah gembar-gembor akan mendirikan partai baru, akhirnya Amien Rais mendeklarasikan partai barunya usai hengkang dari Partai Amanat Nasional (PAN).

“Partai Ummat insyaallah bertekad akan bekerja dan berjuang bersama anak bangsa lainnya, melawan kezaliman dan menegakkan keadilan,” kata Amien dalam jumpa persnya secara daring di YouTube Amien Rais Official, Kamis (1/9/2020).

Amien Rais mengatakan, Partai Ummat akan bekerja dan berjuang memegang teguh Pancasila, UUD 1945, dan aturan demokrasi universal. Ia menjelaskan, dalam kitab suci Al-Quran mendorong umat beriman agar dalam mengarungi kehidupan di dunia mereka senantiasa melaksanakan dua perintah Allah secara serentak.

Pertama melakukan ‘al-amru bil ma'ruf dan an-nahyu anil munkar’ yakni memerintahkan tegaknya kebajikan dan memberantas keburukan. Kedua, menjalankan ‘al-amru bil adli dan an-nahyu anidzulmi’ yakni menegakkan keadilan dan memberantas kezaliman.

“Bila yang pertama lebih bergerak lebih pada tatanan personal, familiar dan komunal (level mikro). Maka yang kedua lebih pada tataran nasional (level makro)‎ dari berkaitan erat dengan masalah kekuasaan,” ujarnya.

Baca Juga: Amien Rais Kembali Gembar-Gembor Partai Baru Meski Belum Ada Nama-Logo

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya