Comscore Tracker

Anggota KPU RI Pramono Ubaid Positif COVID-19

Pramono kerap berinteraksi dengan Ketua KPU Arief Budiman

Jakarta, IDN Times - Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Pramono Ubaid Tanthowi menyatakan dirinya positif terpapar COVID-19 berdasarkan hasil tes usap atau swab test yang diterimanya hari ini, Sabtu (19/9/2020).

Pramono merupakan pasien COVID-19 tanpa gejala. Oleh sebab itu, dia memutuskan untuk melakukan isolasi secara mandiri.

1. Pramono mengaku dirinya positif COVID-19

Anggota KPU RI Pramono Ubaid Positif COVID-19ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

Dia telah menjalani swab test pada, Jumat 18 September 2020. Hari ini, Pramono dinyatakan positif COVID-19 berdasarkan laporan hasil laboratorium.

"Saya ingin mengabarkan bahwa berdasarkan tes swab kemarin, yang hasilnya saya dapatkan tadi siang. Saya dinyatakan positif terpapar COVID-19. Saat ini kondisi saya baik-baik saja. Saya tidak merasa ada gejala apa pun,” kata Pramono melalui keterangan tertulisnya, Sabtu (19/9/2020).

Baca Juga: Arief Budiman Ketua KPU Positif COVID-19, Tes Rapid Sempat Non Reaktif

2. Pramono mengaku selama beberapa hari ke belakang kerap berinteraksi dengan Arief Budiman

Anggota KPU RI Pramono Ubaid Positif COVID-19Arief Budiman menyatakan bahwa KPU akan kooperatif jika KPK memerlukan. IDN Times/ Alfi Ramadana

Pramono menuturkan dalam beberapa hari belakangan ini, dirinya kerap berinteraksi dengan Ketua KPU RI Arief Budiman yang telah dinyatakan positif COVID-19 pada Jumat, 18 September 2020 kemarin.

"Kami berdua menghadiri acara MoU antara KPU dengan Universitas Hasanudin, Makasar, yang dilanjut dengan seminar di kampus Unhas pada 14-15 September yang lalu. Berikutnya kami berdua (bersama komisioner lain) juga menghadiri simulasi Sirekap di Depok, Jabar, yang dilaksanakan pada Rabu, 16 September,” ujarnya.

3. Pramono menjalani isolasi mandiri di rumah dinasnya

Anggota KPU RI Pramono Ubaid Positif COVID-19Ilustrasi. ANTARA FOTO/Reno Esnir

Karena tidak mengalami gejala, Pramono melakukan isolasi mandiri di rumah dinas yang selama ini tidak pernah ia tempati untuk menghindari kontak langsung dengan keluarga.

"Sementara keluarga saya tetap tinggal di rumah pribadi di Tangerang. Saya tetap melaksanakan tugas-tugas persiapan penyelenggaraan Pilkada 2020 melalui WFH,” tuturnya.

Pramono Ubaid Tanthowi merupakan pimpinan KPU RI ketiga yang dinyatakan positif COVID-19. Sebelumnya, pada Kamis 10 September Anggota KPU RI Evi Novida Ginting juga dinyatakan positif COVID-19. Tak lama berselang, pada Jumat 18 September 2020, giliran Ketua KPU RI Arief Budiman dinyatakan positif terpapar juga oleh virus tersebut.

Baca Juga: Arief Budiman Sempat ke Makassar, Ketua KPU Sulsel Positif COVID-19

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya