Arteria Dahlan: Harusnya Orang Minang Bangga dengan Mbak Puan

Arteria juga menyebut Puan punya darah Minang dari sang ayah

Jakarta, IDN Times - Politikus PDI Perjuangan (PDIP) dari Sumatra Barat (Sumbar) Arteria Dahlan, meminta kepada warga Minang untuk tidak terpancing upaya adu domba yang dipicu pernyataan Ketua DPP PDIP Bidang Politik, Puan Maharani.

Ia pun meminta warga Minang untuk menahan diri dan menyikapi pernyataan Puan itu dengan lebih bijaksana lagi.

"Sebagai anak yang terlahir dari ayah-ibu yang orang asli Minang, mau pun sebagai Wakil Ketua Umum DPP Ikatan Keluarga Minang se-Indonesia, saya sangat sedih dan prihatin, sekaligus berharap agar orang Minang hendaklah dapat menahan diri, jangan mau dipecah belah. Saya mohon kita semua dapat lebih arif dan bijaksana dalam menyikapi pernyataan Mbak Puan," kata Arteria melalui keterangan tertulisnya, Jumat (4/9/2020).

1. Dari penuturan Arteria, Puan Maharani disebut punya silsilah keluarga dari Minang

Arteria Dahlan: Harusnya Orang Minang Bangga dengan Mbak PuanKetua DPR RI Puan Maharani mengenakan pakaian adat Jambi saat upacara kemerdekaan RI (Dok. PDI Perjuangan)

Menurut Arteria, pernyataan Puan dalam acara pengumuman calon kepala daerah PDIP beberapa waktu lalu sama sekali tidak memiliki maksud untuk menyinggung perasaan warga Minang, baik yang berada di Sumbar mau pun di tanah rantau.

Puan, kata dia, juga memiliki silsilah keluarga yang berasal dari Minang. Ayahnya yakni almarhum Taufiq Kiemas adalah orang Minang yang bergelar Datuk Basa Batuah.

"Bahkan ibunya, Ibu Megawati Soekarnoputri pun memiliki darah Minang bergelar Puti Reno Nilam. Nenek beliau, Ibu Fatmawati, anak dari seorang tokoh Muhammadiyah di Bengkulu. Kakeknya pun dalam perjuangan kemerdekaan, berjuang bersama-sama dengan Bung Hatta, M. Yamin, KH Agus Salim, M. Natsir, Ibu Hj. Rangkayo Rasuna Said, dan lain-lain, yang merupakan para tokoh-tokoh Minang kala itu,” ujar Arteria.

Baca Juga: Puan Bermasalah dengan Warga Sumbar, PDIP Makin Terkucilkan di Minang?

2. Arteria sebut Puan selalu berpihak kepada orang Minang

Arteria Dahlan: Harusnya Orang Minang Bangga dengan Mbak PuanAnggota Komisi III DPR Arteria Dahlan (Dok. KPK)

Anggota Komisi III DPR itu menambahkan, Puan melalui PDIP, selalu konsisten meneruskan politik keberpihakannya terhadap orang Minang, baik di kebijakan kepartaian mau pun kebijakan di fraksi di DPR.

Tidak hanya Puan, Taufiq Kiemas juga selalu menunjukkan keberpihakannya dengan mencoba memasukkan banyak orang Minang di partai, eksekutif, mau pun legislatif. Tokoh-tokoh Minang yang ada saat ini, termasuk yang berada di TNI-Polri, banyak dibantu oleh beliau.

Dia lalu menyampaikan dirinya pribadi sebagai bukti keberpihakan Taufiq, Megawati, dan Puan terhadap anak-anak muda asal Minangkabau. Arteria mengaku berasal dari keluarga Masyumi, di mana neneknya ditangkap di era pemerintahan Bung Karno karena PRRI.

"Tapi justru saya direkrut oleh Pak Taufiq, diberikan ruang dan kesempatan untuk berekspresi di partai hingga pada akhirnya diberikan kesempatan untuk menjadi calon anggota legislatif dan pada akhirnya menjadi anggota DPR terpilih. Sesuatu hal yang tidak mungkin rasanya kalau pakai hitungan kalkulator biasa,” tuturnya.

3. Arteria: Harusnya orang Minang menjaga Mbak Puan

Arteria Dahlan: Harusnya Orang Minang Bangga dengan Mbak PuanKetua DPP PDIP Bidang Politik, Puan Maharani membacakan rekomendasi calon kepala daerah gelombang lima (Dok. PDI Perjuangan)

Ia pun mengaku sangat sedih dan kecewa jika ada pihak-pihak yang mencoba untuk menjauhkan Puan Maharani dari warga Minang hanya karena pernyataannya tersebut.

"Seandainya beliau (Taufiq Kiemas) masih hidup pun, pastinya beliau sedih sekali. Harusnya orang Minang menjaga Mbak Puan, beliau aset sekaligus kebanggaan orang Minang. Harus kita jaga. Kan harusnya orang Minang bangga, khususnya perempuan Minang bangga, punya Ketua DPR pertama kalinya yang perempuan dan perempuan Minang pula," ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, saat pengumuman calon kepala daerah (cakada) PDIP gelombang kelima, Puan Maharani mengungkapkan harapannya agar Sumbar menjadi provinsi yang mendukung negara Pancasila.

Ia tidak memberikan penjelasan terkait maksud pernyataannya tersebut. Puan hanya mengumumkan dukungan PDIP untuk Mulyadi-Ali Mugni saat pengumuman cakada secara daring.

"Untuk Provinsi Sumatra Barat, rekomendasi diberikan kepada Ir. Mulyadi dan Drs. H. Ali Mukhni. Merdeka! Semoga Sumatra Barat menjadi provinsi yang memang mendukung negara Pancasila," kata Puan, Rabu (2/9/2020).

Baca Juga: Selain ke Polisi, Puan akan Dilaporkan ke Mahkamah Kehormatan Dewan

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya