Atasi Virus Corona, Ini 11 Instruksi Cak Imin Buat Kader PKB

PKB akan menerjunkan tim medis untuk membantu pemerintah

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar meminta seluruh kadernya membantu pemerintah mencegah penyebaran virus corona atau COVID-19 di Indonesia. 

"PKB berdiri terdepan bersama seluruh kekuatan bangsa untuk bergotong-royong menghadapi COVID-19 dan membantu semaksimal seluruh langkah dan kebijakan Presiden Jokowi dan Pemerintah Republik Indonesia," kata Cak Imin, sapaan Muhaimin, melalui keterangan tertulis, Senin (15/3).

Ada 11 instruksi yang dikeluarkan Muhaimin kepada para kader PKB untuk membantu pemerintah mencegah penularan COVID-19.

1. PKB turunkan tim medis untuk mengecek kesehatan warga

Atasi Virus Corona, Ini 11 Instruksi Cak Imin Buat Kader PKBDok.IDN Times/Istimewa

Pertama, ia memerintahkan partai menurunkan tim medis untuk mengecek kesehatan warga yang memerlukan pengecekan dari rumah ke rumah. Kedua, setiap DPW dan DPC PKB menjadi posko hotline sekaligus menjadi pusat kontak untuk pengecekan kesehatan dalam rangka tindakan preventif COVID-19.

Ketiga, lanjut Muhaimin, PKB menyediakan relawan medis membantu penyemprotan disinfektan ke daerah rentan.

"Seluruh struktur partai mulai DPW hingga ranting (desa) melakukan pendataan dan mengedukasi masyarakat di sekitarnya terkait corona (bahan2 terkait cegah corona, baik berupa pamflet maupun bahan medsos disebarkan ke semua jaringan partai)," ucapnya.

2. PKB pastikan rumah sakit milik pemerintah memiliki kamar yang cukup

Atasi Virus Corona, Ini 11 Instruksi Cak Imin Buat Kader PKBPos pemantauan 24 Jam RSPI Sulianti Saroso (IDN Times/Gregorius Aryodamar P)

Kelima, PKB mendukung dan terus memastikan agar pemerintah punya cukup kamar di rumah sakit, sekaligus mendorong mempercepat penyiapan tempat yang dapat dikonversi sebagai rumah sakit darurat.

Keenam, Muhaimin mendorong pemerintah memobilisasi dokter, teknisi laboratorium dan paramedis harus tersebar di semua daerah yang dinilai rentan.

“Ketujuh, PKB memperjuangkan untuk UKM yang tidak bisa bekerja akibat terdampak COVID-19 agar dibantu pemerintah dengan sebuah kebijakan yang terukur dan efektif. Delapan, PKB mengingatkan pemerintah agar punya cukup anggaran penanganan COVID-19 dan dampak ekonominya,” ujarnya.

3. Masyarakat diminta hidup sehat dan menjaga lingkungan

Atasi Virus Corona, Ini 11 Instruksi Cak Imin Buat Kader PKBIDN Times/Irfan fathurohman

Sembilan, masyarakat harus tetap hidup sehat, menjaga lingkungan, menghindari kegiatan publik yang tidak perlu, dan aktif mensosialisasikan cara-cara pencegahan COVID-19 melalui media sosial.

Sepuluh, ia meminta kepada seluruh media sosial pengurus dan kader serta anggota PKB wajib dipenuhi dengan sosisalisasi langkah dan kebijakan pemerintah dalam mengatasi COVID-19, serta berbagai informasi yang penting untuk masyarakat guna mencegah persebaran virus corona.

4. Masyarakat diminta saling membantu mengatasi COVID-19

Atasi Virus Corona, Ini 11 Instruksi Cak Imin Buat Kader PKBIDN Times/Imam Rosidin

Sebelas, PKB mengapresiasi seluruh langkah dan kebijakan pemerintah serta mendorong semua pemerintah daerah untuk bersinergi dengan pemerintah pusat dan semua stakeholder lainnya dalam melakukan langkah dan kebijakan penanganan covid19.

"Hanya dengan bersatu, bersinergi dan saling bahu-membahu semua elemen pemerintahan dan bangsa Indonesia, pengatasan COVID-19 akan semakin efektif dan meminimalisir korban maupun dampaknya dipelbagai bidang kehidupan,'' katanya.

Lebih dari itu, lanjut Muhaimin, kepada seluruh masyarakat harus tetap tenang dan waspada dan Jangan lupa berdoa dan bermunajat kepada Tuhan Yang Maha Esa agar bangsa Indonesia dan seluruh warga dunia diberi pertolongan dan kemampuan mengatasi COVID-19.

Baca Juga: Mantan Kepala BNPT: Virus ISIS Lebih Bahaya Ketimbang Virus Corona

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya