Bantah Bali Sepi Turis karena Isu Virus Corona, Mendagri: Justru Aman!

Wisatawan justru mengalihkan liburannya ke Bali karena aman

Jakarta, IDN Times - Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian membantah ada penurunan jumlah wisatawan yang berkunjung ke Bali setelah wabah virus corona merebak di tanah air.

Tito memastikan wisatawan yang berkunjung ke Bali tetap ramai dan tak terpengaruh oleh isu virus corona yang tengah melanda beberapa negara.

1. Tito sebut wisatawan di Bali ramai seperti biasanya

Bantah Bali Sepi Turis karena Isu Virus Corona, Mendagri: Justru Aman!Papan informasi keberangkatan di bandara. ANTARA FOTO/Fikri Yusuf

Hal itu diungkapkannya usai menghadiri Rapat Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan, Pencegahan Stunting dan Program Dana Desa di Sekretariat TNP2K, Menteng, Jakarta Pusat.

"Saya sudah bertemu dengan Pak Gubernur (Bali), hari Minggu yang lalu saya ke sana, juga ada kegiatan olahraga bersama, saya tidak melihat ada (kondisi) sepi, (justru) ramai. Saya masuk ke Denpasar, Sanur, Kuta, ramai," kata Tito, Selasa (11/2).

Baca Juga: Kemenkes Tepis Anggapan Indonesia Tak Bisa Deteksi Virus Corona

2. Wisatawan asal Tiongkok memang berkurang jumlahnya

Bantah Bali Sepi Turis karena Isu Virus Corona, Mendagri: Justru Aman!Ilustrasi. (WNI meninggalkan asrama di Kota Wuhan Tiongkok) Dokumentasi Kemlu

Tito menjelaskan, hanya tempat menginap wisatawan asal Tiongkok yang memang terbilang sepi, namun secara keseluruhan Bali menjadi destinasi wisata pilihan bagi wisatawan mancanegara karena terbilang aman.

“Jadi justru turis Tiongkoknya memang berkurang karena memang adanya banned, tapi turis dari daerah lain justru mengalihkan ke Bali,” ujarnya.

3. Wisatawan mancanegara justru mengalihkan liburannya ke Bali karena aman dari virus corona

Bantah Bali Sepi Turis karena Isu Virus Corona, Mendagri: Justru Aman!Pantai Kuta Bali. (IDN Times/Prila Arofani)

Ia pun kembali menegaskan bahwa isu yang menyebut bahwa Bali menjadi kota hantu karena sepinya wisatawan itu tidak benar.

"Tapi ada efek positifnya, yaitu karena informasi di Thailand, di Jepang, Singapura, terpengaruh corona, informasi dari Pak Gubernur (Bali) banyak yang tadinya wisatawan yang ingin ke Jepang, Thailand, Singapura, mengalihkan (destinasi wisatanya) ke Bali, karena Bali sampai saat ini tidak ada data terpengaruh corona," ujarnya.

Hingga saat ini Pemerintah Indonesia terus mengantisipasi adanya penyebaran virus corona termasuk dengan mengambil langkah preventif melalui berbagai rapat koordinasi dengan stakeholder terkait.

Baca Juga: [BREAKING] 1.013 Orang Meninggal Akibat Virus Corona

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya