Basarnas Kerahkan 41 Penyelam di Hari ke-12 Pencarian Korban Lion Air

Masa pencarian korban diperpanjang hingga Sabtu (10/11)

Jakarta, IDN Times - Badan SAR Nasional (Basarnas) kembali memperpanjang proses pencarian korban kecelakaan pesawat Lion Air JT 610 yang jatuh di perairan Karawang, Jawa Barat hingga tiga hari ke depan. 

1. Pencarian korban diperpanjang hingga 3 hari

Basarnas Kerahkan 41 Penyelam di Hari ke-12 Pencarian Korban Lion AirANTARA FOTO/Elza Elvia

Perpanjangan waktu pencarian para korban itu terhitung sejak Kamis (8/11) hingga Sabtu (10/11) mendatang yang hanya melibatkan tim dari Basarnas saja tanpa ada bantuan dari unsur-unsur negara lainnya lagi seperti TNI, Polri, KPLP, Kementerian Perhubungan, Bea Cukai, dan para relawan.

Baca Juga: Basarnas Hanya Diam Saat Keluarga Korban Lion Air JT 610 Tanyakan Ini

2. Penyelam berasal dari Basarnas Spesial Group

Basarnas Kerahkan 41 Penyelam di Hari ke-12 Pencarian Korban Lion AirANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Pantauan IDN Times di posko evakuasi yang berada di Jakarta International Container Terminal (JICT) II, Tanjung Priok, Jakarta Utara pada hari Kamis (8/11). Setidaknya ada sekitar 41 penyelam yang diterjunkan di titik-titik yang menjadi pusat pencarian. Adapun para penyelam tersebut berasal dari Basarnas Spesial Group (BSG).

Selama operasi hari ini juga melibatkan setidaknya 231 personil yang terdiri dari 201 personel Basarnas dan 30 personel dari DVI Polri. Dengan jumlah kapal yang diturunkan adalah 14 unit seperti KN SAR 4 unit, RIB Basarnas 4 unit, LCR Basarnas 5 unit, dan Kapal Baruna Jaya 1 unit.

Untuk unsur udara sendiri setidaknya ada 2 unit helikopter milik Basarnas yang telah melakukan pencarian seperti HR-1519 dan HR-1301. Sementara itu pada unsur darat sendiri sedikitnya ada 9 unit mobil ambulance dari Polri telah berjajar rapi di dermaga JICT II, Tanjung Priok, Jakarta Utara untuk nantinya bila ditemukan lagi para korban bisa langsung dibawa ke RS Polri Kramat Jati untuk dilakukan identifikasi.

3. Daerah pencarian korban semakin dipersempit

Basarnas Kerahkan 41 Penyelam di Hari ke-12 Pencarian Korban Lion AirIDN Times/Fitang Budhi Adhitia

Rencana operasi dihari ke-12 sendiri, Basarnas melakukan pencarian bawah laut seluas 1,8 Kilometer dari lokasi jatuhnya pesawat nahas tersebut. Lalu pencarian permukaan air yakni 35 nautical mile yaitu disepanjang garis pantai Tanjung Karawang dan untuk penyelaman berjarak 900 meter.

Hingga hari ke-12 pencarian sendiri, Tim SAR gabungan telah mengumpulkan sebanyak 195 kantong jenazah yang berisikan potongan tubuh para korban. Seluruh kantong jenazah tersebut kemudian dibawa ke RS Polri Kramat Jati untuk dilakukan identifikasi.

Seperti diketahui, hingga hari ke-11 pencarian korban. Tim SAR gabungan telah berhasil mengidentifikasi 71 korban yang diantaranya terdiri dari 52 laki-laki dan 19 perempuan.

Baca Juga: Ini Strategi Pencarian Korban Lion Air di Tanjung Pakis Hari Ini

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya