Beroperasi dari Manggarai, Menhub Yakin Penumpang KA Bandara Melonjak

Dalam sehari, KA Bandara mampu melayani 34 perjalanan

Jakarta, IDN Times - Kereta Api (KA) Bandara Soekarno-Hatta mulai beroperasi dari Stasiun Manggarai pada Sabtu (5/10). Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi berharap jumlah penumpang akan semakin meningkat.

Hal tersebut disampaikannya saat meninjau langsung soft launching pengoperasian Kereta Api (KA) Bandara di Stasiun Manggarai, Jakarta.

"Saya harap dengan penambahan pelayanan KA Bandara menuju Soekarno-Hatta dari Stasiun Manggarai ini dapat meningkatkan okupansi dari KA Bandara ini dan bisa memberikan layanan yang lebih baik kepada masyarakat" kata Budi Karya melalui keterangan tertulisnya, Minggu (6/10).

1. Menhub optimis penumpang bisa naik hingga 60 persen

Beroperasi dari Manggarai, Menhub Yakin Penumpang KA Bandara MelonjakIstimewa

Dengan beroperasinya KA Bandara dari Stasiun Manggarai ini, Menhub mengharapkan tingkat keterisian penumpang bisa naik mencapai 60 persen karena di Stasiun Manggarai banyak feeder yang terhubung dibanding Stasiun BNI City.

"Kita akan intensifkan di Stasiun Manggarai ini karena merupakan stasiun sentral karena baik kereta jarak jauh maupun KRL Commuter Line berhenti di Stasiun Manggarai. Jadi bagi masyarakat dari Bogor, Bekasi dan Depok jika ingin ke Bandara Soekarno-Hatta dapat melalui KRL menuju Stasiun Manggarai kemudian melanjutkan perjalanan menggunakan KA Bandara menuju Bandara Soekarno-Hatta" jelasnya.

2. Dalam sehari, KA Bandara mampu melayani 34 perjalanan

Beroperasi dari Manggarai, Menhub Yakin Penumpang KA Bandara MelonjakIstimewa

Dengan beroperasinya KA Bandara dari Stasiun Manggarai ini, Menhub mengatakan akan semakin banyak pilihan moda untuk menuju Bandara Soekarno-Hatta baik itu dari segi moda transportasinya maupun lokasinya.

"Masyarakat jadi banyak pilihan baik moda, lokasi maupun waktu keberangkatan menuju bandara Soekarno-Hatta, perjalanan dari Stasiun Manggarai dalam satu hari melayani 34 perjalanan di mulai dari jam 5.10 WIB. Dari jumlah perjalanan tersebut masyarakat jadi fleksibel dalam waktu keberangkatan menuju Bandara Soekarno-Hatta" tuturnya.

Baca Juga: Penumpang Melonjak, PT Railink Perpanjang Promo Diskon KA Bandara

3. KA Bandara tersedia setiap 30 menit sekali

Beroperasi dari Manggarai, Menhub Yakin Penumpang KA Bandara MelonjakIDN Times/Holy Kartika

Untuk Jadwal keberangkatan, KA Bandara ini tersedia setiap 30 menit sekali. Dengan jadwal operasional dari Manggarai menuju Soetta, Kereta pertama pukul 05.10 WIB dan Kereta terakhir pukul 21.40 WIB. Sementara, dari Soetta menuju menuju Manggarai, Kereta pertama pukul 06.20 WIB dan kereta terakhir pukul 23.20 WIB.

4. Ada promo harga jika naik KA Bandara loh

Beroperasi dari Manggarai, Menhub Yakin Penumpang KA Bandara MelonjakIDN Times/Holy Kartika

Tidak hanya itu, PT Railink juga akan memberikan harga promo sebesar Rp40.000 hingga 31 Oktober untuk layanan KA Bandara dari stasiun Manggarai dengan waktu tempuh 57 menit. Ada pula Promo tiket yang bisa didapatkan secara gratis untuk 100 penumpang pertama.

Dengan soft launching ini, maka kereta Bandara melayani lima stasiun yaitu mulai Stasiun Manggarai, BNI City, Duri, Batu Ceper, dan Bandara Soekarno Hatta.

Baca Juga: Tiket KA Bandara Soekarno-Hatta Diskon Hingga 57 Persen, Ini Daftarnya

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya