Comscore Tracker

BMKG Prediksi Ombak 6 Meter Akan Terjang Pesisir Laut Indonesia

Masyarakat diimbau tidak melakukan aktivitas di laut

Jakarta, IDN Times - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi akan terjadi ombak besar di daerah pesisir laut Indonesia. Tinggi ombak diprediksi bervariatif, mulai dari 2,5 hingga 6 meter, yang berarti sangat membahayakan bagi pelayaran dan khususnya bagi nelayan tradisional yang biasa melaut menggunakan perahu tradisional.

1. Ombak tinggi diprediksi sepanjang 22-28 Juli

BMKG Prediksi Ombak 6 Meter Akan Terjang Pesisir Laut Indonesiaedition.cnn.com

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengimbau kepada para nelayan yang menggunakan kapal ikan tradisional, agar tidak melakukan aktivitas di laut selama seminggu ke depan.

“Perhitungan kami mulai 22-28 Juli masih terjadi dan puncaknya pada 24-25 Juli bisa sampai enam meter lebih di pantai selatan Indonesia. Namun saat ini ada siklon tropis di Filipina yang mengakibatkan cuaca ekstrim di Indonesia timur, tapi tidak setinggi ini,” ujar Dwikorita di Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (22/7).

Baca Juga: Kapal Motor yang Angkut Peneliti IPB Belum Mendapat Izin Berlayar

2. Kecepatan angin meningkat

BMKG Prediksi Ombak 6 Meter Akan Terjang Pesisir Laut Indonesiatwitter.com/GreaterKashmir

Selain ombak tinggi, kata Dwikorita, kecepatan angin di pesisir laut juga menjadi ancaman tersendiri bagi nelayan bila tetap nekat melayan di laut.

“Kecepatan bisa sampai 50 kilometer per jam, kapal nelayan kalau bisa bertahan itu mukjizat. Selain itu di pantai ada teluk, biasanya akan bertemu dua arus dari dua arah yang berbeda, jadi dua arus ini akan menimbulkan rip current, sehingga kapal yang akan kembali ke teluk akan terseret lagi ke laut,” terang dia.

3. Masyarakat diimbau tidak melakukan aktivitas di laut

BMKG Prediksi Ombak 6 Meter Akan Terjang Pesisir Laut IndonesiaNTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

Lebih jauh, Dwikorita juga mengimbau agar masyarakat tetap waspada terhadap kecelakaan laut akibat gelombang tinggi tersebut.

“Waspada kenaikan tinggi gelombang, menunda kegiatan penangkapan ikan secara tradisional hingga gelombang tinggi mereda. Masyarakat dan kapal-kapal, terutama perahu nelayan dan kapal-kapal ukuran kecil, agar tidak memaksakan diri melaut, serta tetap waspada dan siaga dalam melakukan aktivitas pelayaran,” kata dia.

Ombak setinggi enam meter diperkirakan BMKG akan terjadi di perairan Sabang, perairan utara dan barat Aceh, perairan barat Pulau Simeulue hingga Kepulauan Mentawai, perairan barat Bengkulu hingga Lampung, Samudra Hindia barat Sumatra, Selat Sunda bagian selatan, perairan selatan Jawa hingga Pulau Sumba, Selat Bali, Selat Lombok, Samudra Hindia selatan Jawa hingga NTB.

Buat kamu yang mau bepergian menggunakan kapal, juga sebaiknya ditunda dulu ya guys. Sudah banyak kecelakaan kapal belakangan ini.

Baca Juga: Linimasa: Kapal Tenggelam Masih Saja Terjadi di 2018

Topic:

  • Rochmanudin
  • Dwifantya Aquina

Just For You