BNPB: Gempa 6,7 SR di NTT Tak Berdampak Besar

Gempa ringan dirasakan hingga ke Denpasar, Bali.

Jakarta, IDN Times - Gempa berkekuatan 6,7 Skala Richter (SR) melanda Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Minggu (17/8) pukul 22.35 WIB. Gempa dirasakan sedang oleh masyarakat di Manggarai Barat selama 2-3 detik. 

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, sebagian warga keluar rumah saat gempa berlangsung.

1. Gempa juga dirasakan di kota-kota terdekat

BNPB: Gempa 6,7 SR di NTT Tak Berdampak BesarBMKG

Gempa yang berpusat di 125 km Barat Laut Manggarai Barat tersebut turut dirasa warga di beberapa kota sekitarnya. Antara lain, Kota Mataram (ringan) selama 3 detik, Lombok Tengah (ringan) selama 3-4 detik, Kota Ende (sedang) selama 3 detik, Bima, Lombok Utara, Lombok Barat, Waingapu, Kuta, hingga Denpasar.

2. Intensitas ringan hingga sedang

BNPB: Gempa 6,7 SR di NTT Tak Berdampak BesarBMKG

Sutopo mengatakan, gempa yang dirasakan warga di beberapa kota tersebut memiliki intensitas gempa maksimal adalah sedang. 

"Umumnya bangunan tidak mengalami kerusakan. Bangunan akan mengalami kerusakan parah jika menerima intensitas gempa dirasakan lebih besar dari VI MMI (keras) seperti di Lombok tempo hari," terangnya.

Baca Juga: BNPB: Kerugian Gempa Lombok Mencapai Rp7,45 Triliun

3. Dampak guncangan tidak besar

BNPB: Gempa 6,7 SR di NTT Tak Berdampak BesarIDN Times/Margith Damanik

Berdasarkan penjelasan BNPB, kekuatan gempa di Manggarai Barat memang cukup besar yaitu 6,7 SR, tetapi berada pada kedalaman dasar laut yang dalam yakni 559 km. Sehingga dampak guncangan yang dirasakan tidak keras.

Baca Juga: NTT Diguncang Gempa 6,8 SR

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya