BPN Minta Bawaslu Tanggapi Video Luhut Beri Amplop ke Kiai Zubair

Politik uang dapat mencederai demokrasi Indonesia

Jakarta, IDN Times - Wakil Ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno, Mardani Ali Sera meminta kepada pihak Badan Pegawas Pemilu (Bawaslu) bergerak cepat menanggapi video viral Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya, Luhut Binsar Pandjaitan.

Seperti diketahui, beredar video yang menampilkan Menko Luhut sedang bersilaturahmi dengan Kiai Zubair Muntasor di Madura. Dalam video tersebut, terlihat Luhut tengah memberikan amplop kepada sang kiai.

1. Andi Arief salah satu orang yang ikut menyebarkan video tersebut

BPN Minta Bawaslu Tanggapi Video Luhut Beri Amplop ke Kiai ZubairANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf

Video tersebut kemudian viral, salah satu yang ikut menyebarluaskannya antara lain Wasekjen Partai Demokrat Andi Arief melalui akun media sosial miliknya.

“Yang pertama tentu ini menjadi perhatian bagi Bawaslu untuk segera melalukan tindak lanjut dari informasi yang ada di media sosial. Apa yang ada di media sosial bisa benar bisa tidak dia perlu diverifikasi,” ujar Mardani di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (4/4).

Baca Juga: Beredar Video Diduga Petugas PPS Dukung Capres, Ini Respons KPU

2. Politik uang dinilai Mardani dapat mencederai demokrasi Indonesia

BPN Minta Bawaslu Tanggapi Video Luhut Beri Amplop ke Kiai ZubairIDN Times/Helmi Shemi

Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini menilai, politik uang yang diduga dilakukan oleh Luhut tersebut adalah perbuatan yang dapat mencederai demokrasi Indonesia serta tidak mendidik masyarakat.

“Mari kita bangun politik yang bersih, berintegritas, perangi politik uang karena itu pembunuh utama demokrasi,” ujarnya.

3. BPN tidak laporkan video tersebut ke Bawaslu

BPN Minta Bawaslu Tanggapi Video Luhut Beri Amplop ke Kiai ZubairIDN Times/Fitria Madia

Meski demikian, kata Mardani, BPN tidak akan melaporkan langsung ke Bawaslu terkait video viral yang beredar tersebut.

“Kami dapat infonya sudah ada dari tim lain dari masyarakat yang melaporkan. Kalau sudah ada yang melaporkan, BPN menganggap itu cukup,” jelasnya.

4. Apa yang dilakukan Luhut salah satu bentuk kepanikan kubu Jokowi

BPN Minta Bawaslu Tanggapi Video Luhut Beri Amplop ke Kiai ZubairIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Lebih jauh Mardani menilai, apa yang dilakukan Menko Luhut adalah salah satu bentuk kepanikan dari kubu 01 karena elektabilitasnya mulai tersalip oleh pasangan Prabowo-Sandiaga.

“Survei litbang Kompas menurut kami salah satu yang sangat signifikan, suara pak Jokowi turun dan suara pak Prabowo naik,” ujar dia.

Baca Juga: Usai Luhut Gertak Uni Eropa, Kini Saatnya Diplomasi soal Sawit

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya