[BREAKING] Kronologi Komisioner KPU Viryan Aziz Terinfeksi COVID-19

Viryan sempat melakukan perjalanan dinas ke Merauke

Jakarta, IDN Times - Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Viryan Aziz mengumunkan bahwa dirinya dinyatakan positif COVID-19 setelah menjalani tes usap atau swab test.

Viryan menjelaskan, dirinya sempat melakukan perjalanan dinas ke Merauke, Papua pada 26 Desember 2020.

“Dalam perjalanan tersebut saya kurang enak badan. Tiba di bandara Merauke saya di-rapid test oleh dokter setempat dan hasilnya non reaktif,” kata Viryan saat dikonfirmasi, Kamis (31/12/2020).

Karena tidak puas dengan hasil rapid test, Viryan kemudian melakukan cek darah dan didapati kadar hemoglobin (HB) rendah. Dia pun mengurangi aktivitasnya di Marauke untuk menjaga stamina tubuhnya agar tetap terjaga.

“Saya kembali di Jakarta tanggal 29 Desember. Kondisi sudah agak baikan,” ujar Viryan.

Meskipun dalam kondisi baik, suhu tubuh Viryan berada di atas normal, yakni 38 derajat celcius. Atas dasar itu dia memutuskan untuk melakukan tes usap hingga akhirnya dinyatakan positif COVID-19.

“Sehingga saya putuskan kemarin malam saya swab, hasilnya tadi keluar positif. Kondisi sekarang suhu tubuh sekitar 38 dan masih pusing-pusing,” tuturnya.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Arief Budiman dan Komisioner KPU, Pramono Ubaid sebelumnya juga dinyatakan positif COVID-19. Keduanya merupakan orang ketiga dari petinggi KPU yang mengalami hal serupa, setelah sebelumnya Komisioner KPU, Evi Novida Ginting yang dinyatakan terkonfirmasi positif COVID-19.

Evi lebih dulu dinyatakan positif covid pada 10 September 2020, kemudian Arief dan Pramono menyusul setelahnya dalam waktu yang nyaris berbarengan. Arief dinyatakan positif corona pada tanggal 17 September 2020. Sementara Pramono mengonfirmasi dirinya terpapar corona berdasarkan hasil tes swab yang keluar pada 19 September 2020.

Arief dan Pramono kemudian menjalani isolasi mandiri di rumah dinas KPU, di kawasan Pejaten, Jakarta Selatan. Sementara Evi saat itu sudah dinyatakan negatif. Ketiganya merupakan pasien OTG seperti demam, flu, ataupun sesak napas.

Baca Juga: [BREAKING] Komisioner KPU Viryan Aziz Positif COVID-19

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya