Comscore Tracker

Cak Imin: Pelaksanaan New Normal Harus Diawasi dengan Ketat!

Sanksi tegas harus diberikan kepada pelanggar aturan

Jakarta, IDN Times - Ketua Tim Pengawas COVID-19 DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar (Cak Imin) meminta Presiden Joko “Jokowi” Widodo untuk menerapkan tatanan kehidupan baru atau new normal dengan sangat ketat.

Ia menjelaskan, rencana Jokowi untuk hidup berdampingan dengan virus corona bukan tanpa alasan. Salah satunya adalah resesi ekonomi serta menghindari terjadinya pemutusan hubungan kerja secara massal.

1. Masyarakat yang melanggar peraturan new normal harus dikenakan sanksi

Cak Imin: Pelaksanaan New Normal Harus Diawasi dengan Ketat!PSBB Jakarta Selatan (IDN Times/Fiqih Damar Jati)

Presiden Jokowi pun meyakini tatanan kehidupan normal baru dan bergulirnya kegiatan ekonomi bisa menyelamatkan ekonomi Indonesia dari resesi. Pelaksanaannya pun dibuat secara ketat.

"Kalau perlu setiap pelanggaran dijatuhi sanksi tegas. Sebab masih banyaknya masyarakat yang tidak mengindahkan upaya pencegahan baik di tempat-tempat umum atau tempat lainnya. Mau tidak mau kehidupan memang harus beradaptasi dengan wabah COVID-19. Namun, upaya edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat wajib dilakukan secara optimal," kata Cak Imin melalui keterangan tertulisnya, Jumat (29/5).

Baca Juga: Masuk Mal di Era New Normal, Ini yang Bakal Kamu Temukan dan Hadapi

2. Penerapan new normal harus tetap berpedoman pada pandemik di setiap daerah

Cak Imin: Pelaksanaan New Normal Harus Diawasi dengan Ketat!ilustrasi penerimaan siswa baru atau PPDB di tengah pandemik COVID-19 (ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha)

Wakil Ketua DPR RI di bidang Kesejahteraan Masyarakat ini menjelaskan, penerapan tatanan kehidupan normal baru harus tetap berpedoman pada data pandemik di setiap daerah. Selain itu, perilaku masyarakat menggunakan masker dan sering cuci tangan harus terus ditingkatkan.

“Layanan kesehatan siap, lengkap dengan alat pelindung diri (APD) cukup dan ventilator yang tersedia di ICU. Dengan begitu, pemerintah dapat menekan angka penularan lebih cepat dan efektif. Selain itu tidak ditemukannya kasus baru yang jumlahnya skala besar," ujarnya.

3. Pemerintah harus berikan edukasi ke masyarakat dan institusi terkait protokol kesehatan

Cak Imin: Pelaksanaan New Normal Harus Diawasi dengan Ketat!ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Ketum PKB ini juga meminta pemerintah untuk memberikan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat dan institusi terkait protokol kesehatan secara masif selama tiga minggu.

"Pemahaman dan peran serta masyarakat terhadap upaya pencegahan COVID-19 sangat vital. Kontribusi perubahan perilaku masyarakat dalam pengendalian COVID-19 menjadi kunci utama berjalannya kehidupan new normal," tuturnya.

4. Peran TNI/Polri dibutuhkan saat penerapan new normal

Cak Imin: Pelaksanaan New Normal Harus Diawasi dengan Ketat!Pengaman PSBB di Halte Adam Malik Petukangan Jakarta Selatan (Dok. Istimewa)

Lebih jauh, Cak Imin menegaskan, pada awal penerapan normal baru sangat diperlukan keterlibatan personel TNI/Polri untuk menjaga tempat umum dan pusat keramaian.

"Keterlibatan personel TNI/Polri untuk memastikan bahwa masyarakat menerapkan protokol kesehatan demi mencegah penularan virus corona," katanya menegaskan.

Baca Juga: Begini Protokol Kesehatan Naik Ojek Online di Era New Normal

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya