Calon Haji Asal Blora Meninggal saat Perjalanan Menuju Madinah

Jemaah meninggal sebelum mendarat di Madinah

Jakarta, IDN Times - Seorang jemaah calon haji asal Embarkasi Surakarta, Jawa Tengah, dilaporkan meninggal dunia di dalam pesawat terbang, saat perjalanan dari Bandara Adi Soemarmo menuju Bandara Madinah, Arab Saudi.

Calon haji yang meninggal tersebut berasal dari Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

1. Calon haji yang meninggal atas nama Samiyatun Sowikromo Sutardjan

Calon Haji Asal Blora Meninggal saat Perjalanan Menuju MadinahDidit Hariyadi

Kepala Sub Bagian Penerangan Humas dan Protokol Embarkasi Surakarta Agus Widagdo mengatakan, calon haji yang meninggal tersebut berasal dari Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

"Seorang calon haji yang dilaporlkan meninggal dunia yakni Samiyatun Sowikromo Sutardjan (57) yang tergabung dalam kloter 2, warga Dukuh Kulur, Desa Sitirejo RT 10 RW 02 Tunjungan, Kabupaten Blora, pada Minggu (7/7), sekitar pukul 20.07 Waktu Arab Saudi," kata Agus di Asrama Haji Donohudab Boyolali seperti dikutip Antara, Senin (8/7).

Baca Juga: 2.400 Calon Haji Tangerang Berangkat ke Tanah Suci Mulai 10 Juli 

2. Meninggal sebelum mendarat di Madinah

Calon Haji Asal Blora Meninggal saat Perjalanan Menuju MadinahIstimewa

Agus menjelaskan, calon haji asal Blora yang meninggal di dalam pesawat terbang yang ditumpanginya itu sedang dalam perjalanan sekitar 50 menit sebelum mendarat di Madinah, Arab Saudi, sekitar pukul 20.07 WAS.

"Calon haji ini dilaporkan meninggal karena gangguan jantung, dan jenazahnya dimakamkan di tempat pemakaman umum di Medinah," kata dia.

3. Calon haji yang meninggal berasal dari kloter kedua Kabupaten Sukoharjo

Calon Haji Asal Blora Meninggal saat Perjalanan Menuju MadinahIstimewa

Agus menerangkan Samiyatun bergabung dengan rombongan jemaah kloter 2 dari Kabupaten Sukoharjo, karena ada mutasi dari daerah lain di Provinsi Jateng. Saat ini sudah ada rombongan jemaah empat kloter yang melakukan persiapan pemberangkatan di asrama haji Donohudan Boyolali.

"Calon haji empat kloter itu, yakni rombongan kloter 5 sebanyak 360 orang merupakan gabungan asal Kabupaten Wonogiri dan Sragen, kemudian kloter 6 (Sragen), kloter 7 (Sragen), serta kloter 8 (Sragen-Klaten)," tutur dia.

4. Embarkasi Surakarta memberangkatkan 34.940 calon haji

Calon Haji Asal Blora Meninggal saat Perjalanan Menuju MadinahANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

Rombongan calon haji Kloter 5 tersebut dijadwalkan diberangkatkan ke Tanah Suci melalui Bandara Adi Soemarmo Boyolali, Senin, sekitar pukul 18.40 WIB. Kemudian, disusul Kloter 6 pukul 20.50 WIB, dan Kloter 7 pada pukul 21.95 WIB, dan Kloter 8 pukul 23.25 WIB.

Setelah empat kloter diberangkatkan ke Tanah Suci, kemudian baru rombongan calon haji Kloter 9 hingga 12 memasuki asrama haji Donohudan, untuk persiapan pemberangkatan berikutnya. Rombongan Kloter 9 asal Kabupaten Klaten akan tiba di asrama haji Donohudan, pada Selasa (9/7) sekitar pukul 06.00 WIB, kemudian disusul Kloter 10 (Klaten) pada pukul 08.00 WIB.

Rombongan calon haji Kloter 11 asal Kota Surakarta dan Klaten baru akan masuk ke asrama haji pada pukul 10.00 WIB, kemudian seterusnya Kloter 12 asal Kota Surakarta dan Boyolali, pada pukul 12.00 WIB.

"Calon haji keempat kloter ini, dijadwalkan diterbangkan ke Tanah Suci, Arab Saudi pada Rabu (10/7)," kata Agus.

Sebelumnya, Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Surakarta hingga Senin (8/7), telah memberangkatkan calon haji ke Tanah Suci sebanyak empat kloter, dengan jumlah 1.436 orang dari total 34.940 orang asal Jateng dan D.I. Yogyakarta.

Baca Juga: Pertamina Tambah Avtur untuk Penerbangan Haji

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya