Cegah Virus Corona, Kemenkes Siapkan 21 Kapsul Evakuasi WNI dari Wuhan

Kemenlu akan pimpin evakuasi pemulangan WNI

Jakarta, IDN Times - Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengatakan pihaknya telah menyediakan sebanyak 21 kapsul evakuasi, untuk Warga Negara Indonesia (WNI) yang tertahan di Tiongkok, khususnya di Kota Wuhan yang kini diisolasi akibat virus Corona.

Kapsul tersebut nantinya akan disiapkan di sejumlah bandara yang ada di Indonesia, dengan rute penerbangan dari kota-kota yang berada di Tiongkok.

1. Kemenlu akan memimpin evakuasi WNI dari Tiongkok

Cegah Virus Corona, Kemenkes Siapkan 21 Kapsul Evakuasi WNI dari WuhanMenteri Luar Negeri Retno Marsudi di Kompleks Istana Negara, Jakarta Pusat, Kamis 9 Januari 2020 (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Terawan menjelaskan, Kementerian Luar Negeri akan memimpin evakuasi WNI dari Tiongkok. Sementara, Kementerian Kesehatan menyediakan prasarana seperti rumah sakit yang menyediakan ruang isolasi bagi WNI yang diduga terpapar virus Corona.

Sampai hari ini, Selasa (28/1), sebanyak 243 WNI yang tersebar di 15 kota di Provinsi Hubei, Tiongkok sudah dikarantina untuk mencegah penularan virus mematikan ini.

“Kapsul evakuasi juga sudah ada semua. Ada 21 kapsul yang ditempatkan di daerah-daerah untuk membawa dari tempat terduga menuju rumah sakit untuk isolasi,” ujar Terawan di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (28/1).

Baca Juga: Sempat Dirawat di Kepri, Tujuh Turis Tiongkok Negatif Corona

2. Jakarta, Makassar, dan Manado jadi tempat utama kapsul evakuasi berada

Cegah Virus Corona, Kemenkes Siapkan 21 Kapsul Evakuasi WNI dari WuhanKondisi warga di Hong Kong di tengah penyebaran virus Corona, Selasa (28/1). (IDN Times/Yogi Pasha)

Kendati, Terawan tidak bisa merinci di daerah mana saja kapsul evakuasi tersebut disediakan.

“Yang jelas semua pintu masuk (bandara) kita berikan. Yang diprioritaskan daerah-daerah yang punya kecenderungan tinggi masuknya pendatang-pendatang dari Tiongkok,” kata dia.

“Yang jelas Jakarta, Makassar, saya lihat. Kan harus yang saya lihat. Manado, nanti tak lihat semua di mana, jangan sampai nanti diumpetin,” kata Menkes.

3. Pihak rumah sakit akan mengisolasi suspect virus Corona untuk mencegah penularan

Cegah Virus Corona, Kemenkes Siapkan 21 Kapsul Evakuasi WNI dari WuhanPetugas Rumah Sakit Umum Moehamad Hoesin (RSMH) Palembang menyiapkan ruangan isolasi tekanan rendah di salah satu bagian RSMH Palembang, Sumsel, Senin (27/1/2020). (ANTARA FOTO/Feny Selly)

Terawan mengatakan, penanganan yang akan dilakukan pihak rumah sakit pada para WNI suspect virus Corona, adalah dengan menempatkannya ke ruang isolasi agar tidak menular ke warga lain.

“Loh, ya perawatan di rumah sakit nomor satu itu isolasi. Ojo nulari wong liyo (jangan menularkan ke orang lain). Yang kedua tingkatkan ketahanan tubuhnya. Diberi asupan yang baik. Itu teknik dokter untuk meningkatkan kemampuannya supaya dia sehat imunitasnya bisa melawan virusnya,” kata dia.

4. Korban meninggal dunia akibat virus Corona mencapai 106 orang

Cegah Virus Corona, Kemenkes Siapkan 21 Kapsul Evakuasi WNI dari WuhanInfografis virus Corona yang telah menyebar ke 13 negara, selain Tiongkok, pada 28 Januari 2020. (IDN Times/Arief Rahmat)

Data terbaru dari Tiongkok per Selasa (28/1), korban meninggal dunia akibat virus Corona menjadi 106 orang, yang sebelumnya 81 orang. Sedangkan, jumlah kasus Corona di Tiongkok naik menjadi 4.515 pada 27 Januari, dari 2.835 kasus yang dilaporkan sehari sebelumnya.

Data Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Tiongkok sebelumnya menyebutkan, ada 14.233 pelajar asal Indonesia di negeri Tirai Bambu itu pada 2018. Jumlah tersebut meningkat 9,48 persen bila dibandingkan pada 2016 yang berjumlah 13 ribu jiwa. Mereka tersebar di sejumlah kampus di Tiongkok. Sedangkan, di Hubei University terdapat 23 mahasiswa asal Indonesia.

Sementara, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyebutkan berdasarkan data Kementerian Luar Negeri per Selasa (28/1), terdapat 100 WNI di Wuhan, yang terdiri dari 84 mahasiswa dan 16 tamu mahasiswa dari tempat lain. Sedangkan, di Provinsi Hubei secara keseluruhan terdapat 243 WNI.

Cegah Virus Corona, Kemenkes Siapkan 21 Kapsul Evakuasi WNI dari WuhanIDN Times/Arief Rahmat

Baca Juga: WNA Asal Wuhan di Cilacap Diduga Kena Virus Corona, Dirujuk ke RS

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya