Cegah Virus Corona, Menhub Tutup Rute Penerbangan ke Wuhan

Bandara Wuhan juga tidak beroperasi

Jakarta, IDN Times - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memperkirakan imbauan penutupan rute penerbangan dari Indonesia ke Wuhan, Tiongkok, selama satu bulan. Hal tersebut dilakukan menyusul penyebaran virus Corona di kota tersebut.

Sementara, bandara di Wuhan juga tidak melakukan penerbangan sekarang ini, demi pencegahan pemaparan wabah mematikan ini ke berbagai negara.

1. Penutupan penerbangan maksimal hingga satu bulan

Cegah Virus Corona, Menhub Tutup Rute Penerbangan ke WuhanIlustrasi penerbangan (IDN Times/Uni Lubis)

Budi Karya juga berharap agar sejumlah maskapai Tanah Air bersedia mengindahkan imbauan tersebut, demi pencegahan penyebaran virus Corona ke Indonesia.

"Mungkin diperkirakan bisa sampai tiga pekan atau satu bulan, kalau melihat apa yang terjadi di Wuhan," kata dia dikutip dari Antara, Minggu (26/1).

Baca Juga: Ini Peta Online yang Dibuat untuk Memantau Penyebaran Virus Corona

2. Bandara di Wuhan menutup penerbangan

Cegah Virus Corona, Menhub Tutup Rute Penerbangan ke WuhanIlustrasi penerbangan (IDN Times/Candra Irawan)

Budi Karya menjelaskan, pihaknya belum bisa menyampaikan lebih detail, mengingat situasi di Wuhan masih krusial dan diisolasi.

"Kalau di Wuhan sudah jelas, tidak ada penerbangan dari dan ke Wuhan. Kemarin Lion Air sempat akan mengembalikan penumpang, namun di Wuhan sudah ditutup, jadi penerbangan yang kembali juga kosong," ujar dia.

Berkaitan dengan kota-kota di Tiongkok lainnya, kata Kemenhub, pihaknya akan membahas hal tersebut dengan Kementerian Kesehatan dan Kementerian Luar Negeri mengenai perkembangan yang terjadi di sana.

3. Larangan terbang ke Wuhan untuk mencegah penyebaran virus Corona ke Indonesia

Cegah Virus Corona, Menhub Tutup Rute Penerbangan ke Wuhan(Virus Corona juga berimbas hingga ke Hong Kong) IDN Times/Yogi Pasha

Menhub juga sebelumnya menyatakan, untuk sementara waktu pemerintah akan menutup penerbangan rute Wuhan, Tiongkok, guna mengantisipasi dan mencegah penyebaran wabah virus Corona ke Indonesia.

Meski tidak ada travel warning atau peringatan perjalanan resmi akibat kejadian tersebut, Budi Karya menyebut, secara langsung pemerintah telah menyampaikan penutupan rute Wuhan kepada semua maskapai.

4. Jokowi perintahkan Menkes melakukan pengawasan ketat terkait penyebaran virus Corona di Indonesia

Cegah Virus Corona, Menhub Tutup Rute Penerbangan ke WuhanPresiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta Pusat, Jumat 24 Januari 2020 (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Presiden Joko “Jokowi” Widodo juga memerintahkan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, untuk melaksanakan pengawasan ketat berkenaan dengan kedatangan orang dan barang dari luar negeri, guna mencegah penularan virus Corona yang telah mewabah di Kota Wuhan.

Jokowi mengatakan hingga Jumat (24/1) siang, belum ada warga negara Indonesia yang terjangkit virus Corona, yang penyebarannya menimbulkan perhatian warga dunia. Hingga kini, pemerintah Indonesia belum mengeluarkan travel warning atau peringatan perjalanan menuju Tiongkok terkait virus Corona yang kini sudah menewaskan lebih dari 50 orang di Wuhan.

Baca Juga: IDI: Virus Corona Bukan Penyebab Tunggal Kematian Penderitanya

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya