Cinta Lingkungan Jadi Alasan Diah Suradiredja Dukung Jokowi

Diah aktif berikan masukan kepada pemerintah soal lingkungan

Jakarta, IDN Times - Kecintaan Diah Suradiredja pada hutan dan kelestarian ekosistem alam mendorongnya aktif dalam kegiatan organisasi dan program lingkungan serta menyuarakannya ke pemerintah Joko “Jokowi” Widodo.

Selain itu ia juga menjadi anggota Yayasan Keanakeragaman Hayati (Kehati) dan Wakil Ketua Tim Kerja Penguatan Indonesian Sustainable Palm Oil (ISPO).

1. Diah merupakan alumni kampus IPB

Cinta Lingkungan Jadi Alasan Diah Suradiredja Dukung JokowiIstimewa

Kecintaan kepada lingkungan mulai tertanam semenjak kuliah di program studi Ekonomi Sosial di Institut Pertanian Bogor (IPB).

Pendidikan yang ia peroleh di ruang kelas dan pengalaman riset di hutan membuat dirinya menyadari bahwa potensi sumber daya dan manusia harus berkembang saling harmonis.

2. Diah menerapkan ilmu yang dipelajarinya dalam kehidupan ekonomi sosial masyarakat

Cinta Lingkungan Jadi Alasan Diah Suradiredja Dukung JokowiIstimewa

Usai menuntaskan kuliah tahun 1989, ia bersama peneliti Fakultas Kehutanan IPB mencari penyebab masalah tersebut lewat penelitian di Jambi, Riau dan Kalimantan Tengah.

Sebagai seorang konsultan ekonomi sosial, ia mendalami kehidupan masyarakat lokal dan adat, yang bagaimana membangun hormonisasi antara para-pihak dalam pengelolaan sumberdaya alam yang berkelanjutan.

Baca Juga: 5 Masalah dan Solusi Pangan yang Menarik Dibahas Saat Debat Pilpres

3. Diah dorong pemerintah untuk melakukan ketahanan sawit

Cinta Lingkungan Jadi Alasan Diah Suradiredja Dukung JokowiAstra Argo Lestari

Pada tahun 2017 Diah juga pernah mendorong pemerintah terkait Rancangan Peraturan Presiden ISPO (Indonesian Sustainable Palm Oil) untuk bisa dikeluarkan pada tahun 2018.

Ada sejumlah perubahan dalam rancangan Perpres ISPO antara lain pembentukkan Dewan ISPO yang diketuai langsung Menteri Pertanian. Dalam dewan ISPO, terdapat dewan pengarah yang diisi sejumlah menteri terkait dan anggotanya setingkat dirjen untuk menjaga kebijakan dan dinamika yang akan terjadi di masa mendatang.

4. Selain itu, Diah juga mendorong petani sawit untuk mengikuti sertifikasi

Cinta Lingkungan Jadi Alasan Diah Suradiredja Dukung JokowiBudidaya Kelapa Sawit - PT.Natural Nusantara

Perkembangan lain dalam dalam perpres ISPO adalah petani diwajibkan untuk mengikuti sertifikasi. Menurut Diah, ada waktu transisi sebelum ISPO bersifat mandatori bagi petani pada 2020.

Selama masa transisi, kompetensi petani akan dilatih untuk persiapan menjalankan prinsip dan kriteria ISPO. Hingga tahun 2018, sertifikasi ISPO petani baru dimiliki 3 Koperasi Unit Desa (KUD) sawit dan satu asosiasi petani swadaya.

5. Diah akan menjadi narasumber di program #MillennialsMemilih by IDN Times edisi spesial debat capres

Cinta Lingkungan Jadi Alasan Diah Suradiredja Dukung JokowiIDN Times

Bagi kamu yang tak sempat menonton televisi, namun ingin menyaksikan debat capres, IDN Times punya solusinya.

Pastikan kuota kamu cukup atau terkoneksi ke wifi, kemudian buka YouTube kamu dan saksikan debat kedua capres 2019 di kanal YouTube IDN Times.

Selain menyiarkan secara langsung, IDN Times juga menyajikan bincang-bincang seru bertajuk Millennials Memilih spesial debat Pilpres 2019 kedua.

Nah, Diah akan menjadi narasumber mingguan #MillennialsMemilih by IDN Times edisi spesial debat capres ke-2 yang mengangkat tema Energi, Pangan, Sumber Daya Alam, Lingkungan Hidup, dan Infrastruktur bersama dua narasumber lainnya yaitu Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabo-Sandiaga, Muhammad Kholid serta Peneliti INDEF Bhima Yudhistira.

Diah sendiri merupakan tim sukses calon presiden nomor urut 01 Joko “Jokowi” Widodo - Ma’ruf Amin dalam bidang lingkungan yang tergabung dalam “Relawan Jokowi Rimbawan”.

Catat dan jangan sampai kelewatan ya!

Baca Juga: Jelang Debat Capres Kedua, BPN Sebut Persiapan Prabowo Sudah Matang

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya