Didampingi Terawan, Wapres Tinjau Simulasi Vaksin COVID-19 di Cikarang

Pemerintah terus sosialisasi vaksin COVID-19 ke masyarakat

Jakarta, IDN Times - Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin hari ini, Kamis (19/11/2020), meninjau simulasi vaksin COVID-19 di Puskesmas Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Ma’ruf berangkat dari rumah dinas Wapres di Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, pukul 08.00 WIB menggunakan mobil dinas.

Rombongan Wapres tiba di Cikarang pukul 08.50 WIB. Tampak menyambut kedatangan Ma’ruf, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, serta Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja.

Baca Juga: Ma’ruf: Persiapan Vaksinasi Corona Aman, Limbah Hingga Kehalalan Siap

1. Ma’ruf mengamati proses simulasi vaksin COVID-19

Didampingi Terawan, Wapres Tinjau Simulasi Vaksin COVID-19 di CikarangWakil Presiden RI Ma’ruf Amin meninjau simulasi vaksin COVID-19 di Puskesmas Cikarang (Dok. Setwapres)

Dalam kesempatan tersebut, Wapres berkeliling sekitar 20 menit untuk melihat proses vaksinasi COVID-19, sembari mendengarkan paparan dari Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi Sri Enny.

Mantan Rais Aam Nahdlatul Ulama itu terus mengamati dan memastikan standar operasional dan prosedur vaksinasi dijalankan dengan baik, mulai dari pendaftaran peserta, pemeriksaan kesehatan dasar peserta, penyuntikan vaksin, hingga observasi setelah vaksinasi.

2. Ma’ruf sebut simulasi vaksinasi COVID-19 sudah berjalan baik

Didampingi Terawan, Wapres Tinjau Simulasi Vaksin COVID-19 di CikarangWakil Presiden RI Ma’ruf Amin meninjau simulasi vaksin COVID-19 di Puskesmas Cikarang (Dok. Setwapres)

Dalam kesempatan itu, Ma’ruf menuturkan, simulasi vaksin COVID-19 di Cikarang sudah berjalan dengan baik. Dia pun optimis masyarakat akan semakin teredukasi jika simulasi vaksin terus dilakukan oleh seluruh daerah di Indonesia.

“Jadi tadi saya sudah dapat penjelasan. Pertama mereka mendaftar lewat online, diperiksa dulu kesehatannya baik apa tidak, bisa divaksinasi atau tidak. Nah, kalau sudah kemudian menunggu, kemudian langsung divaksin. Jadi simulasi vaksin di sini sudah cukup baik,” kata Wapres.

3. Pemerintah terus melakukan sosialisasi vaksinasi COVID-19 pada masyarakat

Didampingi Terawan, Wapres Tinjau Simulasi Vaksin COVID-19 di CikarangWakil Presiden RI Ma’ruf Amin meninjau simulasi vaksin COVID-19 di Puskesmas Cikarang (Dok. Setwapres)

Sehari sebelumnya, Presiden Joko “Jokowi” Widodo juga meninjau simulasi vaksinasi COVID-19 di Puskesmas Tanah Sereal, Kota Bogor, Jawa Barat.

Jokowi menjelaskan pemerintah sedang giat melakukan sosialisasi vaksinasi virus corona. Komunikasi publik itu penting agar masyarakat mau mengikuti program vaksinasi pemerintah.

"Ya terus kita lakukan. Sosialisasi, pemberitahuan, agar nanti yang ikut vaksin itu sebanyak-banyaknya baik nanti yang ikut vaksinasi lewat program, vaksinasi program maupun vaksinasi mandiri. Jadi ada yang tidak membayar, gratis. Vaksinasi program. Ada yang membayar yaitu vaksinasi mandiri. Ini dua hal yang berjalan beriringan nantinya," kata Jokowi, Rabu, 18 November 2020.

Pemilihan tempat penyelenggaraan simulasi vaksinasi COVID-19 di Puskesmas Tanah Sereal dan Puskesmas Cikarang, dengan mempertimbangkan kepadatan penduduk dan tingginya risiko penularan virus corona di kedua wilayah tersebut.

Secara geografis, Puskesmas Cikarang yang dikunjungi Wapres kali ini berada di Desa Karang Asih, Kecamatan Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi, Provinsi Jawa Barat, dengan wilayah kerja yang meliputi lima desa, yaitu Desa Cikarang Kota, Desa Karang Baru, Desa Karang Asih, Desa Waluya, dan Desa Karang Raharja, dengan jumlah penduduk sekitar 118.549 jiwa serta tingkat kepadatan penduduknya mencapai 9.789,36 per kilometer persegi.

Baca Juga: Silang Pendapat Pemerintah Soal Jadwal Vaksinasi COVID-19

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya