Dilaporkan Menghina Jokowi, Bahar bin Smith Diperiksa Hari Ini

Siap membusuk di penjara

Jakarta, IDN Times - Tim penyidik gabungan Mabes Polri dan Polda Sumatera Selatan akan memeriksa Bahar bin Smith di Mapolda Sumatera Selatan dalam kasus dugaan ujaran kebencian pada Senin (3/12). 

Bahar dilaporkan menghina Presiden Joko "Jokowi" Widodo dalam salah satu ceramahnya yang dilakukan pada November 2018.

1. Surat panggilan dilayangkan Jumat pekan lalu

Dilaporkan Menghina Jokowi, Bahar bin Smith Diperiksa Hari IniIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Mabes Polri Brigadir Jenderal Polisi Dedi Prasetyo mengatakan pihaknya telah melayangkan surat panggilan kepada Bahar bin Smith pada Jumat (30/11).

"Panggilan terhadap Habib Bahar Smith sebagai saksi sudah dikirim Jumat untuk dipanggil Senin," kata Dedi seperti dikutip dari Antara, Sabtu (1/12).

Baca Juga: Tolak Minta Maaf ke Jokowi, Bahar bin Smith Pilih Membusuk di Penjara

2. Bahar bin Smith dilaporkan karena dianggap menghina Presiden Jokowi

Dilaporkan Menghina Jokowi, Bahar bin Smith Diperiksa Hari IniANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Bahar bin Smith dilaporkan Ketua Umum Cyber Indonesia Muannas Alaidid. Dalam laporan tersebut disebutkan Bahar menyampaikan ucapan yang diduga menghina Presiden Jokowi. Bahar dituduh menyebut Presiden Jokowi dengan istilah banci.

Menurut Muannas, apa yang disampaikan Bahar itu bukan ceramah yang beradab karena isinya melecehkan seorang kepala negara. "Tidak pantas disebut habib atau ulama kalau berkata kasar penuh kebencian seperti itu," katanya.

3. Bahar bin Smith menolak meminta maaf

Dilaporkan Menghina Jokowi, Bahar bin Smith Diperiksa Hari IniIDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Bahar bin Smith menolak meminta maaf atas ucapannya terhadap Presiden Jokowi. Bahkan, saat berorasi di panggung reuni 212, Bahar justru menyebut Presiden Jokowi telah mengkhianati bangsa.

"Ketika aksi 411, para ulama, habib, dan massa meminta penegakan hukum seadil-adilnya pada penista agama, yang terjadi sebaliknya. Ulama, Habib, santri dan lainnya yang ingin menemui presiden, malah dihalau dengan gas air mata. Lalu presidennya kabur," kata Bahar dengan nada yang berapi-api.

4. Siap mendekam di balik jeruji

Dilaporkan Menghina Jokowi, Bahar bin Smith Diperiksa Hari Inipixabay.com/geralt

Untuk sikapnya itu, Bahar mengatakan dirinya siap jika harus mendekam di bui. "Saya lebih baik membusuk di penjara daripada mesti minta maaf," ujar pria berusia 33 tahun tersebut di panggung reuni 212.

Baca Juga: Bahar bin Smith Dilaporkan Hina Jokowi, Ini Kata Syafii Maarif

Topik:

  • Dwi Agustiar
  • Wendy Novianto

Berita Terkini Lainnya