Comscore Tracker

Doni Monardo Menangis Usai Dapat Gelar Doktor Honoris Causa dari IPB

Gelar Doktor Kehormatan IPB jadi penyemangat baru Doni

Jakarta, IDN Times - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Doni Monardo meneteskan air mata, usai menerima gelar kehormatan Doktor Honoris Causa dari Institut Pertanian Bogor (IPB), Sabtu (27/3/2021).

Air mata Doni pecah saat menyampaikan orasi di depan Rektor IPB Arif Satria dan sejumlah Guru Besar IPB yang hadir, dalam sidang terbuka penganugerahan gelar Doktor Honoris Causa.

“Saya akan mempertanggungjawabkan pengharagaan dan kepercayaan yang diberikan oleh IPB,” kata Doni dengan suara tersedu, sembari meneteskan air mata seperti disiarkan di kanal YouTube IPB TV.

Baca Juga: Doni Monardo Curhat Sulitnya Dapat Reagen pada Awal Pandemik

1. Gelar Doktor Kehormatan IPB jadi penyemangat baru bagi Doni Monardo

Doni Monardo Menangis Usai Dapat Gelar Doktor Honoris Causa dari IPBKepala BNPB Doni Monardo menerima gelar Doktor Honoris Causa dari IPB (IDN Times/Fitang Budhi Adhitia)

Ketua Satuan Tugas Penanganan COVID-19 itu mengatakan, gelar dari IPB ini menjadi semangat bagi dirinya untuk terus berbuat baik, terutama soal Sumber Daya Alam dan lingkungan hidup.

“Gelar Doktor Kehormatan ini menjadi energi terbaru bagi saya untuk terus konsisten membantu menyelamatkan lingkungan dan Sumber Daya Alam Indonesia,” tutur Doni.

2. Doni Monardo dinilai banyak berjasa terhadap lingkungan

Doni Monardo Menangis Usai Dapat Gelar Doktor Honoris Causa dari IPBKepala BNPB Doni Monardo Tinjau Banjir Garut (Dok. BNPB)

Sementara, Rektor IPB Arif Satria mengatakan Doni Monardo telah banyak berjasa dalam bidang pengelolaan ilmu Sumber Daya Alam dan Lingkungan. Oleh sebab itu, IPB memberikan gelar kehormatan tersebut.

"Di sinilah letak argumen mengapa IPB memberikan Doktor Kehormatan, Doktor Honoris Causa kepada Bapak Letjen TNI Doni Monardo berkaitan dengan isu-isu yang sudah saya sampaikan. IPB sudah memiliki kriteria pemberian gelar Doktor Honoris Causa dan ini bisa kita wujudkan pada hari ini,” kata Arif.

3. Penganugerahan gelar Doktor Kehormatan berdasarkan rapat pleno senat akademik IPB

Doni Monardo Menangis Usai Dapat Gelar Doktor Honoris Causa dari IPBRektor IPB Arif Satria memberikan sambutan saat pemberian gelar Doktor Honoris Causa kepada kepala BNPB Doni Monardo (IDN Times/Fitang Budhi Adhitia)

Menurut Arif, penganugerahan gelar ini telah diputuskan dalam Rapat Pleno Senat Akademik (SA) IPB sejak Oktober 2020, dan melalui tahapan kajian yang panjang dalam kepimpinan Doni Monardo mengenai pengelolaan isu-isu lingkungan dan SDA.

“Maka pada 2020 Senat Akademik memberikan persetujuan, memberikan gelar Doktor Kehormatan, Doktor Honoris Causa kepada Letjen TNI Doni Monardo dalam bidang pengelolaan ilmu sumber daya alam dan lingkungan,” kata Arif.

Baca Juga: 5 Alasan Doni Monardo Dapat Gelar Doktor Honoris Causa dari IPB   

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya