Dukungan Keluarga Gus Dur ke Jokowi-Ma’ruf Tidak Wakili Sinta Nuriyah

"Beliau tugasnya menjewer kedua kubu."

Jakarta, IDN Times - Keluarga Presiden RI keempat, Abdurahman Wahid atau yang lebih dikenal dengan Gus Dur, mendeklarasikan dukungan politiknya untuk Pilpres 2019. Deklarasi dukungan ini diwakili oleh putri dari Kiai NU tersebut yaitu Zannuba Ariffah Chafsoh Rahman Wahid atau biasa disapa Yenny Wahid.

Namun, dalam kesempatan tersebut Yenny menyebut Sinta Nuriyah Wahid, sang ibu, tetap netral dengan tidak memihak kubu manapun di Pilpres 2019.

Berikut penjelasan Yenny Wahid.

1. Sinta Nuriyah merupakan ibu bangsa

Dukungan Keluarga Gus Dur ke Jokowi-Ma’ruf Tidak Wakili Sinta NuriyahDok. IDN Times/Wahid Insitute

Yenny dalam deklarasi tersebut menyatakan dukungannya kepada pasangan capres dan cawapres nomor urut 1, Joko “Jokowi" Widodo dan Ma’ruf Amin. Namun, putri kedua Gus Dur ini mengatakan, dukungan keluarganya tidak mewakili suara dari sang ibu, Sinta Nuriyah.

“Seperti teman-teman ketahui bahwa keluarga Gus Dur saya wakili dalam sikap politiknya, ibu saya (Sinta Nuriyah) sendiri tidak akan ikut-ikutan karena dia ibu bangsa," ujar Yenny di Rumah Pergerakan Gus Dur, Kalibata, Jakarta Selatan, Rabu (26/9).

2. Mengawasi agar Pilpres 2019 berjalan damai

Dukungan Keluarga Gus Dur ke Jokowi-Ma’ruf Tidak Wakili Sinta NuriyahANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Yenny menambahkan, sang ibu yang dikatakannya sebagai ibu bangsa dalam hal ini hanya bertugas mengawasi agar Pilpres 2019 bisa berjalan lancar dan damai tanpa adanya selisih paham antar kedua pasangan calon.

“Beliau tugasnya menjewer kalau ada yang bandel dari dua kubu,” ujarnya.

Baca Juga: BREAKING: Dukungan Yenny pada Jokowi-Ma'ruf Usai Kajian dan Istikharah

3. Ada 9 kelompok yang menyatakan dukungan ke Jokowi-Ma’ruf

Dukungan Keluarga Gus Dur ke Jokowi-Ma’ruf Tidak Wakili Sinta NuriyahIDN Times/Fitang Budhi Adhitya

Yenny menjelaskan, dalam deklarasi dukungan keluarganya yang diberi nama “Konsorsium Kader Gus Dur” ini, setidaknya ada 9 kelompok yang turut mendukung.

Kelompok tersebut antara lain Barikade Gus Dur, Gatara (Gerakan Kebangkitan Nusantara), Jaringan Perempuan Nusantara, Forum Silaturahmi Santri Nusantara, Forum Alumni Timur Tengah, Forum Kiai Kampung Nusantara, Jaringan Perempuan Untuk NKRI, Garis Politik Al Mawardi dan Political Movement.

Ikuti terus berita-berita seputar Pemilu 2019 di Millennials Memilih IDN Times. #MillennialsMemilih.

Baca Juga: Yenny Wahid Dukung Jokowi, Sandiaga Tetap Optimis NU Pilih Nomor 2

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya