Elektabilitas Ganjar Naik, PDIP: Prioritas Kami Masih Pilkada 2020

Hanya Megawati yang dapat menetapkan capres-cawapres di 2024

Jakarta, IDN Times - Sejumlah hasil survei yang dilakukan oleh lembaga riset, menempatkan nama Gubernur Jawa Tengah sekaligus kader PDI Perjuangan Ganjar Pranowo sebagai pemilik elektabilitas tertinggi apabila Pilpres 2024 dilaksanakan pada saat ini.

Menanggapi hal itu, Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, saat ini prioritas partai berlambang banteng moncong putih itu masih seputar Pilkada Serentak 2020.

Baca Juga: Wah, Survei Membuktikan Elektabilitas Ganjar Pranowo Meroket, Lho!

1. PDI Perjuangan masih fokus konsolidasi Pilkada Serentak 2020

Elektabilitas Ganjar Naik, PDIP: Prioritas Kami Masih Pilkada 2020Sekjen PDIP Hasto Kristyanto (IDN Times/Khaerul Anwar)

Pernyataan tersebut disampaikan Hasto usai acara peresmian 20 kantor cabang PDI Perjuangan yang dilakukan secara daring, Rabu (22/7/2020).

"Berkaitan dengan survei pilpres, bagi kami hukumnya sangat jelas, bahwa tahapan-tahapan yang jadi prioritas PDI Perjuangan saat ini adalah konsolidasi dalam rangka Pilkada Serentak 2020. Pilpres ada tahapan sendiri nanti untuk dapat dibahas," Hasto menegaskan.

2. Hanya Ketum Megawati yang dapat menetapkan capres-cawapres di 2024

Elektabilitas Ganjar Naik, PDIP: Prioritas Kami Masih Pilkada 2020Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Hasto juga mengingatkan bahwa yang dapat menetapkan calon presiden-calon wakil presiden pada 2024 adalah Ketua Umum Megawati Soekarnoputri.

"Masih panjang. Bagi kami untuk cari pemimpin itu juga sebuah proses kontemplasi dengan mendengarkan seluruh aspirasi rakyat," ujarnya.

3. Banyak faktor yang menjadi pertimbangan PDI Perjuangan dalam menentukan capres

Elektabilitas Ganjar Naik, PDIP: Prioritas Kami Masih Pilkada 2020Ketua Umum PDI Perjuangan resmikan 22 kantor cabang partai dan monumen mutiara bangsa sukarno (Dok. IDN Times/PDI Perjuangan)

Hasto melanjutkan, karena pertimbangan mendalam disertai kontemplasi, maka banyak instrumen yang akan dijadikan faktor pertimbangan. Apabila hanya mempertimbangkan hasil survei, setiap saat bisa berubah.

"Survei itu bisa jadi alat. Tetapi bagi kami, bagaimana pilpres itu nantinya juga menjadi proses regenerasi kepemimpinan yang berjalan dengan baik, yang disiapkan oleh partai. Dari capres, cawapres, caleg, calon kepala daerah, itu menjalankan tugas dan kewajiban yang diberikan partai, khususnya oleh Ibu Ketua Umum," tutur Hasto.

Baca Juga: Ganjar, Anies, Emil Meraup Elektabilitas Pilpres 2024 saat COVID-19?

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya