Comscore Tracker

Facebook Luncurkan Fitur Info untuk Kandidat Caleg di Pemilu 2019

Sebagai langkah menyukseskan Pemilu 2019

Jakarta, IDN Times - Facebook secara resmi meluncurkan fitur mengenai Informasi kandidat calon legislatif (caleg) 2019 agar masyarakat bisa lebih mengenal secara dekat para kandidat melalui jejaring media sosial tersebut.

1. Fitur tersebut akan muncul di beranda para pengguna

Facebook Luncurkan Fitur Info untuk Kandidat Caleg di Pemilu 2019odt.co.nz

Dalam keterangan persnya yang dikutip dari Antara, Facebook menyatakan bahwa fitur itu akan muncul di Kabar Beranda atau News Feed para pengguna di Indonesia mulai 2 April. Para pengguna bisa melihat posisi para kandidat dengan mengunjungi halaman Facebook kandidat tersebut serta menonton video kandidat yang sedang memaparkan topik tertentu melalui fitur info kandidat.

Baca Juga: Jokowi: Pemilu Habiskan Dana Triliunan, Rugi Kalau Golput

2. Setiap kandidat bisa memproduksi video untuk meyakinkan pemilihnya

Facebook Luncurkan Fitur Info untuk Kandidat Caleg di Pemilu 2019brookings.edu

Masing-masing kandidat diperkenankan membuat empat video dengan durasi 20 detik sebagai pengenalan dan tanya jawab hasil dari interaksi dengan masyarakat melalui jejaring tersebut.

Misalnya, apa yang dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, apa yang akan dicapai jika terpilih dan bagaimana merealisasikannya serta apa yang akan dilakukan untuk memberantas korupsi. Pihak Facebook menyatakan, mereka tidak terlibat langsung dalam pembuatan konten video para kandidat, video sepenuhnya diproduksi oleh kandidat dan tim.

3. Facebook ingin turut menyukseskan Pemilu 2019

Facebook Luncurkan Fitur Info untuk Kandidat Caleg di Pemilu 2019odt.co.nz

Hal ini dilakukan sebagai upaya Facebook dalam mendukung dan menyukseskan jalannya Oemilu di Indonesia agar masyarakat mendapatkan informasi yang dibutuhkan menjelang Pemilu.

"Ini merupakan upaya kami untuk membangun komunitas yang lebih bermasyarakat dan teredukasi dengan informasi yang tepat. Kami yakin bahwa dengan membantu orang memahami profil para kandidat, kami dapat membantu menciptakan komunitas yang lebih baik," kata Facebook dalam keterangannya yang dikutip Rabu (3/4).

4. Facebook juga sudah membuat fitur yang akan menghapus berita-berita hoaks

Facebook Luncurkan Fitur Info untuk Kandidat Caleg di Pemilu 2019associationsnow.com

Selain membuat fitur untuk mengenal kandidat, Facebook juga sudah melakukan berbagai langkah untuk menjaga keamanan platform saat Pemilu 2019, di antaranya menurunkan konten-konten misinformasi (hoaks) dan menghapus akun palsu.

Baca Juga: KPK: Suap Serangan Fajar Jadi Fenomena 'Gunung Es' Jelang Pemilu

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Just For You