Fahri Hamzah Deklarasikan Partai Gelora Indonesia, Ketum Anis Matta

Fahri Hamzah jadi wakil ketua umum Partai Gelora Indonesia

Jakarta, IDN Times - Politikus Fahri Hamzah hari ini resmi medeklarasikan berdirinya Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora Indonesia).

Deklarasi ditandai dengan acara syukuran atas terbentuknya partai ini. Tampak hadir sejumlah kader dan petinggi Partai Gelora Indonesia, salah satunya Ketua Umum Anis Matta.

“Ini adalah hari untuk memfinalisasi seluruh kelengkapan administrasi setelah penyerahan dokumen kepada notaris, karena sesuai undang-undang tentang partai politik itu seluruh dokumen melalui notaris,” kata Fahri di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Minggu (10/11).

Baca Juga: 5 Petuah Fahri Hamzah untuk Gibran yang Terjun ke Dunia Politik

1. Partai Gelora Indonesia didirikan pada 28 Oktober 2019

Fahri Hamzah Deklarasikan Partai Gelora Indonesia, Ketum Anis MattaIDN Times/Fitang Budhi Adhitia

Menurut Fahri, Partai Gelora Indonesia telah resmi berdiri pada 28 Oktober 2019. Namun, untuk memenuhi syarat terbentuknya partai di hadapan notaris, Fahri memastikan kembali berapa banyak unsur kelengkapan partainya di seluruh daerah Indonesia.

“Tanggal 9 (November) kita menyisir seluruh wilayah, 1.020 pendiri sampai ke daerah. Ada 34 pengurus provinsi secara lengkap, kemudian 99 inisiator, dan pendiri pusat itu juga kita sisir semuanya. Alhamdulillah sebagai syarat yang dinyatakan oleh undang-undang, kita menandatangani seluruh usulan itu di depan notaris,” ujarnya.

2. Fahri Hamzah pernah ditawari untuk mengakuisisi partai yang tidak lolos parliamentary threshold

Fahri Hamzah Deklarasikan Partai Gelora Indonesia, Ketum Anis MattaIDN Times/Fitang Budhi Adhitia

Mantan Wakil Ketua DPR ini mengaku, pernah ditawari untuk mengakuisisi partai politik yang tidak lolos parliamentary threshold (PT) saat Pemilu Legislatif 2019 kemarin. Namun ia menolak tawaran tersebut, dan tetap mendirikan Partai Gelora Indonesia.

“Kami mau berjuang dari nol, makanya ini seluruh pengurus struktur wilayah sampai 34 provinsi betul-betul dimulai dari nol, ini tidak ada ngambil struktur partai lain, ini murni kita dari bawah sampai ke tingkat atas dan aktenya ini akte baru, akte yang murni baru yang merupakan ikhtiar dan upaya kita sendiri,” jelasnya.

3. Ini jajaran pengurus Partai Gelora Indonesia

Fahri Hamzah Deklarasikan Partai Gelora Indonesia, Ketum Anis MattaIDN Times/Fitang Budhi Adhitia

Dalam kesempatan ini, Fahri membeberkan struktur kepengurusan Partai Gelora Indonesia. Anis Matta menjabat sebagai ketua umum, Sekjen Mahfud Sidiq, dan Bendahara Umum Achmad Rilyadi. Sementara Fahri menjadi wakil ketua umum.

“Kami berempat ini memang pernah menjadi anggota DPR, kemudian struktur lainnya juga berkembang. Misalnya ada Pak Deddy Mizwar, pokoknya nanti banyak pengurus ada tokoh-tokoh lain akan masuk,” bebernya.

4. Fokus Fahri Hamzah saat ini memperkuat internal partai

Fahri Hamzah Deklarasikan Partai Gelora Indonesia, Ketum Anis MattaIDN Times/Fitang Budhi Adhitia

Mantan politikus PKS ini enggan berbicara lebih jauh terkait partai barunya tersebut. Saat ini, Fahri mengaku masih fokus untuk konsolidasi di internal partai.

“Terus terang kami gak mau gembar gembor dulu, ini partai kita mulai low profile, yang penting penguatan struktur sampai ke daerah, wilayah kita perkuat,” tegas Fahri Hamzah.

Baca Juga: Fahri Hamzah Semprot Jubir Prabowo: Jangan Seret ke Isu Gaji Menhan

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya