Foto Ahok Dampingi Jokowi Tinjau Kilang Minyak Terbesar di Indonesia

Pertama kalinya Ahok terlihat sejak menjabat komisaris utama

Jakarta, IDN Times - Komisaris Utama PT Pertamina Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok mendampingi Presiden Joko “Jokowi” Widodo meninjau kilang minyak terbesar di Indonesia, yang ada di Provinsi Jawa Timur.

Hal tersebut diketahui lewat unggahan Jokowi di akun Instagram pribadinya, @jokowi.

Baca Juga: Pertamina Punya 142 Anak Perusahaan, Erick Thohir Minta Ahok Jelaskan 

1. Ahok mendampingi Jokowi ke proyek kilang TPPI di Kecamatan Jenu, Tuban

Foto Ahok Dampingi Jokowi Tinjau Kilang Minyak Terbesar di Indonesia(Jokowi mengunjungi pabrik petrokimia di Tuban didampingi Menteri BUMN Erick Thohir dan Komut Pertamina Basuki Tjahaja Purnama)

Dalam foto yang diunggah Jokowi, tampak Ahok terlihat berdiri di belakang mantan Gubernur DKI Jakarta itu bersama Menteri Sekretariat Negara Pratikno, dan Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati, serta sejumlah pejabat negara lainnya.

“Saya ke Jawa Timur, kemarin, meninjau pembangunan kilang PT Trans Pacific Petrochemical Indotama (TPPI) di Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban. Ini salah satu kilang terbesar di negara kita,” kata Jokowi di Instagramnya, Minggu (22/12).

2. Kilang tersebut sempat bermasalah sebelum diambil alih Pertamina

Foto Ahok Dampingi Jokowi Tinjau Kilang Minyak Terbesar di Indonesia(Jokowi mengunjungi Kilang Petrokimia di Tuban) Dok.Istimewa

Jokowi menjelaskan, kilang tersebut sudah dibangun sejak 20 tahun lalu namun sempat tersendat karena beberapa masalah.

Setelah diakuisi PT Pertamina, kata Jokowi, kilang itu akan dapat menghasilkan sejumlah turunan seperti produk aromatik dan juga penghasil BBM, mulai dari premium, pertamax, elpiji, solar, sampai karosene.

“Apabila telah terproduksi secara penuh, TPPI berpotensi menghemat devisa hingga 4,9 miliar USD atau sekitar Rp56 triliun,” ucap Jokowi.

3. Jokowi perintahkan pejabat Pertamina selesaikan kilang TPPI tidak lebih dari 3 tahun

Foto Ahok Dampingi Jokowi Tinjau Kilang Minyak Terbesar di Indonesia(Jokowi mengunjungi kilang petrokimia di Tuban didampingi Menteri BUMN Erick Thohir dan Dirut Pertamina Nicke Widyawati)Dok.Istimewa

Jokowi mengaku, dia tidak sabar menunggu selesainya pembangunan kilang tersebut. Mantan Wali Kota Solo ini meminta kepada jajaran PT Pertamina agar mempercepat selesainya proyek itu.

“Sekarang, saya minta kepada Menteri BUMN, Direktur Utama, dan Komisaris Utama Pertamina agar menyelesaikan pembangunan kilang ini tidak lebih dari tiga tahun. Entah itu dengan kerja sama, entah itu dengan kekuatan sendiri,” Jokowi menegaskan.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Kilang Tuban, Jokowi Minta Pertamina Ambil Alih Saham Pemilik Lama

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya