Gempa Magnitudo 4,8 Guncang Wilayah Papua Barat

Gempa tidak berpotensi tsunami

Jakarta, IDN Times - Gempa bumi dengan magnitudo 4,8 mengguncang Kabupaten Tambrauw, Provinsi Papua Barat, Rabu (27/3) pukul 02.01 WIT.

Dikutip dari Antara, stasiun Geofisika BMKG Sorong menyebutkan, gempa tersebut terjadi pada koordinat 1,06 Lintang Utara (LU) dan 132,91 Bujur Timur (BT) di laut yang berjarak 817 kilometer timur laut Kabupaten Tambrauw, dengan kedalaman 10 kilometer.

Sedangkan bila dilihat dari kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi ini merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat tumbukan lempeng.

Gempa sendiri dirasakan seluruh warga wilayah Kabupaten Tambrauw. Warga yang berada di gedung bertingkat sangat merasakan efek dari gempa tersebut.

Berdasarkan informasi dari pihak terkait, gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami, karena kekuatannya tidak cukup besar untuk membangkitkan perubahan di dasar laut yang dapat memicu terjadi tsunami.

Sampai berita ini diturunkan, belum ada laporan dari masyarakat terkait adanya kerusakan yang timbul akibat gempa bumi yang terjadi di Kabupaten Tambrauw tersebut.

Baca Juga: PMVG Pasang 2 Alat Deteksi Gempa di Gunung Anak Krakatau

Topik:

  • Dwi Agustiar
  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya