Gibran Saat Maju di Pilkada, PDIP: Tidak Ada Perlakukan Istimewa 

Gibran juga harus ikut seleksi saat pencalonan nanti

Jakarta, IDN Times - Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mengatakan putra sulung Presiden Joko “Jokowi” Widodo, Gibran Rakabuming, akan diperlakukan sama dengan para bakal calon Walikota Solo lainnya.

Hasto menjelaskan, Gibran memang sudah bersilaturahmi ke kediaman Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri. Pertemuan itu semacam proses politik.

1. Para Cawalkot yang maju dari PDIP harus melewati proses seleksi terlebih dahulu, termasuk Gibran

Gibran Saat Maju di Pilkada, PDIP: Tidak Ada Perlakukan Istimewa IDN Times/Fitang Budhi Adhitia

Namun, Gibran akan tetap menjalani proses seleksi yang sama seperti bakal calon lainnya yang hendak maju di Pilkada mendatang.

"Untuk proses jadi walikota, kami perlakukan semua sama," kata Hasto melalui keterangan tertulisnya, Minggu (26/10).

Artinya, sambung Hasto, bila para bakal calon kepala daerah lain yang mendaftar ke PDIP harus melalui berbagai tahapan yang ada, begitu pun dengan Gibran.

Baca Juga: Gibran Bagikan Baju Gambar Jokowi-Prabowo, Ternyata Ada Maknanya Lho!

2. Ini bagian dari seleksi PDIP untuk menjaring kader terbaiknya

Gibran Saat Maju di Pilkada, PDIP: Tidak Ada Perlakukan Istimewa IDN Times / Larasati Rey

Hasto kembali menjelaskan, para bakal calon kepala daerah yang mendaftar di PDIP harus mengikuti sejumlah tahapan. Tahapnya meliputi berbagai hal dari proses psikotes, wawancara, hingga pemantauan penerimaan masyarakat.

"Baru setelah proses itu selesai, nanti keputusan akan diambil," katanya.

3. Gibran bertemu dengan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri

Gibran Saat Maju di Pilkada, PDIP: Tidak Ada Perlakukan Istimewa IDN Times / Larasati Rey

Sebelumnya, Gibran Rakabuming menyampaikan niatnya untuk maju sebagai kandidat calon Walikota (cawalkot) Solo untuk Pilkada 2020. Niat itu disampaikannya saat bersilaturahmi ke kediaman Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, di Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (24/10).

"Saya sampaikan keadaan Solo seperti apa. Saya sampaikan keseriusan saya untuk maju," kata Gibran usai menemui Megawati.

4. Gibran tegaskan maju sebagai Cawalkot melalui PDIP

Gibran Saat Maju di Pilkada, PDIP: Tidak Ada Perlakukan Istimewa IDN Times / Larasati Rey

Lebih lanjut, Gibran mengaku sudah memiliki kartu tanda anggota (KTA) lewat DPC PDI Perjuangan Solo. Karena itu, bagi Gibran maju di Pilwakot Solo wajib melalui partai yang dipimpin oleh Megawati tersebut.

Hal itu sengaja dia tekankan demi mengklarifikasi adanya isu pernyataan dirinya yang ingin maju melalui jalur independen. Menurut Gibran, hal itu tidak benar.

"Jadi saya tidak pernah berkata kepada siapapun, dimanapun, kalau saya akan maju lewat independen. Saya sudah punya KTA PDIP. Saya akan berjuang melalui PDIP," tegas Gibran.

Baca Juga: Kabar Anak Pramono Anung Ikut Pilkada 2020, Ini Kata PDIP Kediri 

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya