Gunung Sinabung Kembali Meletus

Luncurkan awan panas hingga 4,6 km 

Jakarta, IDN Times – Rabu(27/12) sekitar pukul 15.36 WIB, Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara kembali meletus dengan amplitudo 120 milimeter dan durasi 500 detik.

Baca juga: Kabar Terkini: Gunung Sinabung Meletus, Awan Panas Renggut Nyawa 7 Orang!

1. Letusan disertai awan panas 

Gunung Sinabung Kembali MeletusIDN Times/Humas BNPB

Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB dalam rilis yang diterima IDN Times mengungkapkan, pos pengamatan Gunung Sinabung Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melaporkan, telah terjadi letusan yang disertai awan panas, dengan jarak luncur 3.500 meter ke arah Tenggara - Timur dan 4.600 meter ke arah Selatan - Tenggara. Angin bertiup kea rah Timur - Tenggara.

“Dari puncak kawah, keluar asap disertai abu vulkanik berwana kelabu hitam yang disertai dengan tekanan sedang hingga kuat,”jelasnya.

Baca juga: 13 Foto Erupsi Sinabung yang Akan Menggetarkan Hatimu

2. Status awas diberlakukan

Gunung Sinabung Kembali MeletusIDN Times/Humas BNPB

Hujan abu vulkanik jatuh di beberapa di desa di sekitar Gunung Sinabung. Dan hingga kini, aktivitas vulkanik Gunung Sinabung terbilag masih tinggi. 

“Status awas atau level 4 sudah diberlakukan,” jelasnya.

Baca juga: Komentari Erupsi Gunung Agung, Menteri Luhut: Jangan Buat Susah Turis

3. Tidak ada korban jiwa 

Gunung Sinabung Kembali MeletusANTARA FOTO/Irsan Mulyadi

Ribuan penduduk mengalami dampak langsung dari hujan abu vulkanik akibat letusan Gunung Sinabung. Namun demikian belum dilaporkan ada korban jiwa.
 
“Sementara ini, belum ada korban jiwa, dan tidak ada kepanikan masyarakat. Hujan abu menyebar di beberapa tempat seperti di Desa Sukanalu, Kota Tonggal, Kuta Tengah, Gamber, Berastepu, Jeraya, Pintu Besi, dan beberapa desa lain di sektor timur,” jelas Sutopo.

Baca juga: Gempa Tremor Terus Terjadi, Gunung Agung Masuki Fase Kritis

4. PVMBG imbau warga jauhi lokasi 3 km dari puncak

Gunung Sinabung Kembali MeletusIDN Times/Fitang Adhitia

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) pun merekomendasikan masyarakat dan pengunjung agar tidak melakukan aktivitas dalam radius 3 km dari puncak. 

“Masyarakat yang bermukim dan beraktivitas di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung, agar tetap waspada terhadap ancaman bahaya lahar. Mengingat telah terbentuk bendungan alam di hulu Sungai Laborus,” tutup Sutopo. 

Baca juga: Pukul 11.57 Wita, Gunung Agung Kembali Erupsi. PVMBG: Semburan Asapnya hingga 2.500 meter

Topik:

Berita Terkini Lainnya