Halal Bihalal dengan MUI, Ma’ruf Dorong Produk Halal RI untuk Dunia

Sertifikasi halal demi kemaslahatan umat

Jakarta, IDN Times - Sebagai negara dengan mayoritas Muslim, Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin mendukung Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI), terus mengeluarkan sertifikasi halal kepada produk-produk dalam negeri.

Ma'ruf mengatakan, pemerintah akan selalu hadir untuk melindungi umat Islam dari muamalah yang tidak syariah, karena hal tersebut merupakan sebuah kewajiban. Untuk itu, peran LPPOM MUI dalam mengeluarkan sertifikasi halal sangat penting untuk menciptakan kemaslahatan umat.

1. Sertifikasi halal untuk menciptakan kemaslahatan umat

Halal Bihalal dengan MUI, Ma’ruf Dorong Produk Halal RI untuk DuniaWakil Presiden RI Maruf Amin (Dok.Setwapres)

Hal tersebut disampaikan Wapres saat menggelar acara Halal Bihalal dengan LPPOM MUI melalui teleconference di kediaman dinas Wapres, Jalan Diponegoro Nomor 2, Jakarta Pusat, Senin (1/6) sore.

“Jadi, himayatul ummah ‘anil mu’amalah ghairi syar’iyyah yaitu menjaga umat supaya jangan sampai bermuamalah dengan sesuatu yang tidak syariah, salah satunya dengan sertifikasi halal. Juga dengan ekonomi syariah, dan juga hal-hal lain yang memang kita ingin mengawal umat ini, supaya berada di dalam atau sesuai dengan syariah,” kata Ma’ruf melalui keterangan tertulis, Senin (1/6) malam.

Baca Juga: Wapres Ma’ruf Amin Terima Ucapan Idulfitri dari Wakil PM Singapura

2. Sertifikasi halal LPPOM MUI juga diakui dunia

Halal Bihalal dengan MUI, Ma’ruf Dorong Produk Halal RI untuk DuniaIlustrasi (IDN Times/Reza Iqbal)

Ma’ruf menjelaskan, selain diakui di dalam negeri, sertifikasi halal yang dikeluarkan LPPOM MUI juga diakui dunia dan menjadi acuan di 50 lembaga sertifikasi di dunia.

Mantan Rais Aam Nahdlatul Ulama itu menilai, tantangan bagi Indonesia ke depan adalah membangun industri halal, karena negara kita memiliki potensi serta menjadi produsen halal terbesar dunia.

“Mendorong cita-cita kita, yaitu produk halal Indonesia dapat digunakan di seluruh dunia, tidak hanya konsumsi dalam negeri tapi juga konsumsi luar negeri. Walhasil, Indonesia bisa menjadi negara yang menentukan kehalalannya, baik dari aspek sertifikasi dan aspek produksi,” tutur dia.

Ma’ruf juga mengapresiasi kinerja LPPOM MUI, karena telah melaksanakan tanggung jawab dan tugas sertifikasi halal bagi kemaslahatan umat.

3. MUI diminta terus berkontribusi positif bagi kemaslahatan umat

Halal Bihalal dengan MUI, Ma’ruf Dorong Produk Halal RI untuk DuniaIlustrasi gedung majelis ulama indonesia MUI (IDN Times/Fitang Budhi Adhitia)

Menutup sambutannya, Ma'ruf berpesan kepada MUI untuk meningkatkan tali persaudaraan dan lebih bersemangat lagi dalam memberikan kontribusi positif bagi kemaslahatan umat.

“Mudah-mudahan saja pertemuan hari ini akan lebih mempererat persaudaraan kita, ukhuwah kita, dan lebih memberikan semangat baru kita di dalam melaksanakan tugas-tugas keumatan. Dalam rangka keumatan dan dalam rangka tathbiqus syariah yaitu penerapan syariah di dalam kehidupan masyarakat dan bangsa ini,” kata dia.

Acara halal bihalal secara virtual ini juga dihadiri Wakil Menteri Agama yang juga Wakil Ketua Umum MUI Zainut Tauhid Sa’adi, Direktur LPPOM MUI Lukmanul Hakim, dan Sekretaris Jenderal MUI Anwar Abbas.

Baca Juga: Omnibus Law Disebut Akan Hapus Sertifikat Halal, Begini Reaksi Menag

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya