Masuk Hari ke-5, Tim SAR Fokus Cari Sisa Bagian Black Box

Serpihan pesawat Lion Air diserahkan ke KNKT

Jakarta, IDN Times - Memasuki hari kelima, proses pencarian korban pesawat Lion Air JT 610 kini difokuskan untuk mencari VCR (voice data recorder) dan badan pesawat. Tim gabungan Basarnas memperkirakan lokasi VCR tidak terlalu jauh dari titik ditemukan FDR (flight data recorder). 

Sementara, tim gabungan SAR pada hari ini juga menyerahkan seluruh temuannya kepada Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT). Lalu, apa lagi kegiatan yang dilakukan oleh tim SAR?

 

1. Serah terima dilakukan di posko terpadu Lion Air JICT II

Masuk Hari ke-5, Tim SAR Fokus Cari Sisa Bagian Black Box(Serah terima serpihan puing pesawat Lion Air) IDN Times/Fitang Budhi Adhitia

Temuan yang diserahkan tersebut berupa serpihan-serpihan pesawat yang ditemukan oleh tim SAR gabungan selama empat hari pencarian berlangsung di perairan Tanjung Pakis Karawang, Jawa Barat.

“Kami akan serah terima dari tim SAR gabungan ke KNKT seluruh barang yang ditemukan,” ujar Sekertaris Utama Basarnas Dianta Bangun di JICT II, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (2/11).

Baca Juga: KNKT Akan Terbitkan Laporan Awal Jatuhnya Lion Air Pada Akhir November

2. KNKT membawa serpihan pesawat untuk bahan investigasi

Masuk Hari ke-5, Tim SAR Fokus Cari Sisa Bagian Black Box(Serpihan pesawat Lion Air di Tanjung Priok) IDN Times/Fitang Budhi Adhitia

Serpihan-serpihan pesawat tersebut kemudian dibawa ke laboratorium menggunakan truk dengan bak tertutup untuk selanjutnya dilakukan investigasi oleh pihak KNKT.

“Barang ini selanjutnya sepenuhnya jadi kewenangan KNKT untuk investigasi,” ujar Sekertaris Utama Basarnas Dianta Bangun di JICT II.

Pantauan IDN Times di lokasi, sebelum barang-barang tersebut diserahkan oleh pihak KNKT, tim gabungan yang terdiri dari Kementerian Perhubungan, TNI AL, Polri, dan Basarnas terlebih dahulu menandatangani surat serah terima barang tersebut sebagai saksi penyerahan.

3. Hari kelima pencarian, tim SAR gabungan fokus menemukan CVR

Masuk Hari ke-5, Tim SAR Fokus Cari Sisa Bagian Black Box(Ilustrasi armada Lion Air) ANTARA FOTO/Aji Styawan

Hingga hari kelima pencarian sendiri, tim SAR gabungan masih terus berupaya untuk bisa menemukan bagian dari black box lainnya yaitu Cockpit Voice Recorder (CVR) yang hingga kini belum berhasil ditemukan.

Tim SAR gabungan sendiri mengaku telah mengetahui titik koordinat dan menangkap sinyal letak CVR tersebut untuk kemudian ditelusuri lebihjauh pada hari ini.

Baca Juga: Australia Larang Pegawainya Naik Lion Air, Ini Tanggapan Menhub 

Topik:

Berita Terkini Lainnya