Comscore Tracker

Hari Ke-10 Pencarian, 176 Penyelam Fokus Cari Korban Lion Air dan CVR

Fokus pencarian masih seputar korban dan CVR

Jakarta, IDN Times - Hingga hari ke-10 proses evakuasi pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT 610 yang jatuh di perairan Karawang, Jawa Barat, Tim SAR gabungan masih terus berupaya untuk melakukan pencarian dari serpihan pesawat dan para korban yang belum ditemukan.

Ratusan penyelam diterjunkan ke lokasi untuk melakukan pencarian.

1. Para penyelam datang dari berbagai macam instansi

Hari Ke-10 Pencarian, 176 Penyelam Fokus Cari Korban Lion Air dan CVRANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Pantauan IDN Times di posko evakuasi yang berada di Jakarta International Container Terminal (JICT) II, Tanjung Priuk, Jakarta Utara pada Rabu (7/11). Setidaknya ada sekitar 176 penyelam yang diterjunkan di titik-titik yang menjadi pusat pencarian.

Adapun para penyelam tersebut terdiri dari Basarnas Spesial Group (BSG) 41 orang, Kansar Semarang 5 orang, Kansar Lampung 1 orang, POSSI 16 orang, Indonesia Diver 5 orang, Kopaska 38 orang, Denjaka 28 orang dan dari pasukan Taifib sebanyak 17 orang. Ada pula penyelam dari KPLP 7 orang, Brimob Unit Delta 4 orang dan POLAIR 14 orang.

2. Ada 40 unit kapal yang ikut dalam operasi pencarian

Hari Ke-10 Pencarian, 176 Penyelam Fokus Cari Korban Lion Air dan CVRANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Selama operasi hari ini juga melibatkan setidaknya 1.324 personel gabungan. Dengan jumlah kapal yang diturunkan adalah 40 unit dari berbagai pihak seperti TNI, Polri, Basarnas, BPPT, KPLP, Bea Cukai, Kementerian Perhubungan hingga Pertamina.

Untuk rencana operasi di hari ke-10 sendiri, tim SAR gabungan melakukan pencarian bawah laut seluas 3,6 kilometer dari lokasi jatuhnya pesawat nahas tersebut. Lalu pencarian permukaan air yakni 360 nautical mile dan untuk penyelaman berjarak 1,8 kilometer.

Baca Juga: Turbin Pesawat Lion Air Berhasil Diangkat Tim SAR Gabungan

3. Beberapa korban telah berhasil diidentifikasi

Hari Ke-10 Pencarian, 176 Penyelam Fokus Cari Korban Lion Air dan CVRANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso

Seperti diketahui, hingga hari ke-sepuluh pencarian sendiri, tim SAR gabungan telah mengumpulkan sebanyak 186 kantong jenazah yang berisikan potongan tubuh para korban. Seluruh kantong jenazah tersebut kemudian dibawa ke RS Polri Kramat Jati untuk dilakukan identifikasi.

4. Fokus pencarian masih seputar korban dan CVR

Hari Ke-10 Pencarian, 176 Penyelam Fokus Cari Korban Lion Air dan CVRIDN Times/Fitang Budhi

Selain itu, tim SAR gabungan juga berhasil mengangkat mesin atau turbin pesawat Lion Air JT 610 pada Selasa (6/11).

Tim SAR gabungan juga masih berfokus terhadap pencarian CVR (Cockpit Voice Recorder) yang juga merupakan bagian dari black box guna melengkapi hasil investigasi dari Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) untuk dapat menguak misteri jatuhnya pesawat tersebut.

Baca Juga: Kokpit Pesawat Lion Air JT 610 Diangkat ke Permukaan Hari Ini

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Just For You