HUT ke-75 TNI, Wapres Ma’ruf Minta Prajurit Bantu Penanganan COVID-19

Semoga TNI semakin profesional menjalankan tugasnya

Jakarta, IDN Times - Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin mengatakan, peran Tentara Nasional Indonesia (TNI) dalam menjaga pertahanan dan keamanan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sudah tidak diragukan lagi.

Pelayanan yang tulus dari TNI, kata Ma'ruf, telah dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat hingga ke daerah-daerah terpencil, selama 75 tahun berdirinya kesatuan militer.

“TNI senantiasa hadir di garda terdepan dalam berbagai situasi untuk melindungi, mendampingi, dan mengayomi masyarakat,” kata Ma’ruf menyampaikan ucapan HUT ke-75 TNI secara daring, Senin (5/10/2020).

Baca Juga: Fakta-fakta dan Sejarah Terbentuknya TNI di Indonesia

1. TNI kerap terlibat dalam acara misi perdamaian dunia

HUT ke-75 TNI, Wapres Ma’ruf Minta Prajurit Bantu Penanganan COVID-19Ilustrasi (Dok. Pendam VI/Mulawarman)

Selain itu, lanjut Wapres, peran TNI di kancah internasional juga tidak diragukan lagi. Hal tersebut ditandai dengan kontribusi yang diberikan untuk mewujudkan perdamaian dunia.

“Di kancah internasional, TNI turut mewujudkan perdamaian dunia dengan bergabung dalam misi perdamaian PBB. Peran itu dari waktu ke waktu terus mendapatkan apresiasi dari berbagai pihak, baik dalam maupun di luar negeri,” ujar dia.

2. TNI harus terus menunjukan baktinya kepada bangsa dan negara

HUT ke-75 TNI, Wapres Ma’ruf Minta Prajurit Bantu Penanganan COVID-19Ilustrasi TNI (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Karena itu, pada hari jadi ke-75 TNI, Ma’ruf berpesan, agar prajurit TNI bisa terus menunjukkan baktinya kepada bangsa dan negara. Khususnya selama pandemik COVID-19 yang telah memberikan dampak multisektoral di seluruh tanah air.

"Saya berharap di masa pandemik COVID-19 sekarang ini, TNI dapat terus menunjukkan baktinya untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19, di antaranya dengan menyiagakan tenaga medis dari tiga angkatan TNI, memperketat penjagaan di perbatasan negara, membantu penerapan dan penertiban protokol kesehatan, serta memastikan dan memantau arus jalur logistik kepada masyarakat agar tidak mengalami kendala,” tutur dia.

3. Wapres berharap TNI semakin profesional dalam menjalankan tugasnya

HUT ke-75 TNI, Wapres Ma’ruf Minta Prajurit Bantu Penanganan COVID-19Instagram.com/puspentni

Menutup ucapan selamat dirgahayu, tak lupa Wapres juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh jajaran TNI atas kerja keras dan ketulusan yang telah diberikan untuk bangsa dan negara. Ia berharap ke depan, TNI dapat semakin profesional serta tangguh guna mengawal Indonesia menjadi negara yang maju dan sejahtera.

"Dirgahayu TNI ke-75. Semoga TNI semakin jaya, solid, dan profesional, serta terus menjadi teladan dan panutan masyarakat. Mari kita bersinergi untuk negeri guna mewujudkan TNI yang semakin kuat dan tangguh dalam mendukung Indonesia maju, mandiri, dan sejahtera,” kata Ma’ruf.

Baca Juga: Peringati HUT TNI, Jokowi Minta Transformasi Militer Sesuai Dinamika

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya