Comscore Tracker

IMS 2019: Cerita Jonan saat Diminta Jokowi Ambil Alih Freeport

Jonan dibantu dua menteri

Jakarta, IDN Times - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan menceritakan saat dirinya diminta Presiden Joko 'Jokowi' Widodo mengambil alih saham PT Freeport McMoran.

Jonan diminta langsung oleh Jokowi untuk bertemu CEO Freeport McMoran Richard Adkerson di Amerika Serikat.

Baca Juga: IMS 2019: Bupati Sigi Apresiasi Crowdfunding Bantu Daerah Likuifaksi

1. Awalnya Bos Freeport akan menghadap Presiden Jokowi

IMS 2019: Cerita Jonan saat Diminta Jokowi Ambil Alih FreeportDok.IDN Times

Jonan mengatakan awalnya McMoran hendak menemui Presiden Jokowi, tapi akhirnya diserahkan ke dirinya.

“Waktu mulai ditugaskan, saya tanya, ‘Pak ini kalau CEO Freeport mau menghadap Bapak gimana? Lalu dia bilang, ‘Udah menteri aja yang nanganin deh, nanti kalau sudah selesai biar ke saya,” cerita Jonan dalam acara Indonesia Millennial Summit 2019 by IDN Times, di Gran Ballroom Kempinski, Jakarta Pusat, Sabtu (19/1).

2. Negosiasi dilakukan melalui satu pintu

IMS 2019: Cerita Jonan saat Diminta Jokowi Ambil Alih FreeportDok.IDN Times

Sebelum menjalankan tugas dari Presiden, Jonan memastikan agar negosiasi dilakukan melalui satu pintu.

“Saya tanya, ‘Bener gak ini pak?’ ‘Bener’. Jangan nanti Beliau negosisasi, saya juga menemui secara terpisah. Saya bilang ‘Oke’, jadi silakan saja,” ujar Jonan.

3. Jonan dibantu dua menteri

IMS 2019: Cerita Jonan saat Diminta Jokowi Ambil Alih FreeportDok.IDN Times

Jonan juga dibantu Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno dan Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam negosiasi ini.

“Tim yang dibentuk bukan hanya saya tapi ada Menteri BUMN dan Menteri Keuangan ini mengerjakan itu dengan sungguh-sungguh, jadi gak ada pikiran ini kita mau ngapain dan sebagainya yang punya agenda-agenda lain gak ada,” pungkas dia.

Jonan sendiri menjadi pembicara dalam Indonesia Millennials Summit 2019 dengan tema “From Critical Commentaries to Concrete Solutions”, bersama Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko dan Founder Narasi TV Najwa Sihab.

IDN Times menggelar Indonesia Millennial Summit 2019. Acara bertema "Shaping Indonesia's Future" ini berlangsung di Grand Ballroom Hotel Kempinski Jakarta, pada 19 Januari 2019.

IMS 2019 menghadirkan lebih dari 50 pembicara kompeten di berbagai bidang, dari politik, ekonomi, bisnis, olahraga, budaya, lintas agama, sosial, lingkungan sampai kepemimpinan millennial.

Ajang millennial terbesar di Tanah Air ini dihadiri sekitar 1.500 pemimpin millennial. Dalam acara ini, IDN Times juga meluncurkan Indonesia Millennial Report 2019, survei tentang millennial yang digarap IDN Research Institute bekerja sama dengan Alvara Research Center.

Melalui survei yang melibatkan 1.400-an responden di 12 kota ini, IDN Times menggali aspirasi dan DNA millennial Indonesia. Survei ini sendiri dilakukan pada 20 Agustus-6 September 2018 dengan margin of error 2,62 persen.

Simak hasilnya di IMS 2019, dan ikuti perkembangannya di situs kami, IDN Times.

Baca Juga: IMS 2019: Ini 4 Tips Ridwan Kamil untuk Millenial Indonesia

Topic:

  • Rochmanudin

Just For You