Comscore Tracker

Ini Alasan Basarnas Hentikan Pencarian Korban Lion Air JT 610

Pencarian korban Lion Air dihentikan hingga Jumat 

Jakarta, IDN Times - Kepala Badan SAR Nasional (Basarnas) Marsekal Madya Muhammad Syaugi mengatakan jumlah penemuan korban pesawat Lion Air JT 610 yang jatuh di perairan Karawang, Jawa Barat, mengalami penurunan.

Apa alasan menurunnya jumlah penemuan korban pesawat rute Jakarta-Pangkalpinang itu?

Baca Juga: Basarnas Perpanjang Masa Pencarian Korban Lion Air

1. Semakin sulit menemukan korban di dasar laut

Ini Alasan Basarnas Hentikan Pencarian Korban Lion Air JT 610Twitter/@Sutopo_PN

Syaugi menjelaskan alasan penurunan angka penemuan korban tersebut berdasarkan hasil pencarian tim SAR gabungan, yang hingga hari kesepuluh (7/11), hanya menemukan satu kantong jenazah.

"Tren penemuan korban ini semakin menurun. Namun, tim penyelam saat ini masih menemukan (korban) lagi di laut, kami belum tahu jumlahnya berapa," ujar Syaugi di Dermaga JICT II, Tanjung Priuk, Jakarta Utara, Rabu (7/11).

2. Penyelam hanya dari Basarnas

Ini Alasan Basarnas Hentikan Pencarian Korban Lion Air JT 610ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Meski tren penemuan angka korban menurun, Syaugi mengatakan, pencarian masih akan diperpanjang selama tiga hari ke depan. Perbedaannya hanyalah jumlah tim penyelam akan berkurang, karena mulai masa perpanjangan, tim penyelam hanya dari Basarnas.

"Kalau kemarin kan ada tim penyelam dari tempat lain yang jumlahnya ada 150 orang lebih. Mulai besok, tidak ada penyelam dan kapal lain seperti bantuan dari Pertamina, karena kapal itu ada tugas-tugas yang lain," terang Syaugi.

"Penyelam Basarnas sendiri totalnya 60 orang siap sedia setiap saat, 40 dikirim ke sana, 20 stand by di sini. Sangat cukup untuk melanjutkan operasi tiga hari ke depan," Syaugi menambahkan.

3. Bila dalam dua hari masa perpanjangan tidak ditemukan korban, operasi SAR akan diselesaikan

Ini Alasan Basarnas Hentikan Pencarian Korban Lion Air JT 610IDN Times/Fitang Budhi

Jenderal bintang tiga ini menjelaskan dalam perpanjangan selama tiga hari tersebut, jika korban tidak ada lagi yang ditemukan pada Kamis (8/11), maka pencarian tetap akan dilanjutkan satu hari lagi hingga Jumat (9/11).

"Jadi kalau korban besok tidak dapat kita tunggu sehari lagi. Kalau sehari lagi itu tidak ada hasil juga, ya kita tutup (pencarian)," tutur dia.

Keputusan perpanjangan masa pencarian korban sendiri merupakan hasil analisa dan evaluasi Basarnas, setelah meninjau lokasi tempat badan pesawat ditemukan menggunakan helikopter, bahwa masih dimungkinkan akan ditemukannya korban.

Semoga semua korban ditemukan pada akhir pencarian, ya guys.

Baca Juga: Lion Air JT 610 Jatuh, Boeing Rilis Panduan Khusus Atasi Sensor Rusak

Topic:

  • Rochmanudin

Just For You