Comscore Tracker

Ini Pertanyaan Komisi III ke Calon Kapolri saat Uji Kelayakan

Fit and proper test calon kapolri mulai pukul 10.00 WIB

Jakarta, IDN Times - Calon Kapolri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo hari ini, Rabu (20/1/2021), akan menjalani fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan dengan Komisi III DPR.

Perlu diketahui, Listyo telah ditunjuk Presiden Joko "Jokowi" Widodo sebagai calon tunggal kapolri menggantikan Jenderal Idham Aziz yang pensiun pada Februari 2021.

Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni mengatakan, ada sejumlah pertanyaan yang akan disampaikan kepada Kabareskrim Polri tersebut, salah satunya adalah komitmen Listyo cepat merespons laporan masyarakat.

“Kalau saya akan sampaikan hal-hal terkait kecepatan respons terhadap semua pihak pada unsur-unsur pimpinan, baik dari Mabes Polri sampai tingkat polsek,” kata Sahroni saat dihubungi IDN Times, Rabu (20/1/2021).

Baca Juga: Herman Hery Komisi III Minta Kapolri Baru Gaspol Keadilan Restoratif

1. Sahroni minta Komjen Listyo perbaiki pendekatan Polri dengan masyarakat

Ini Pertanyaan Komisi III ke Calon Kapolri saat Uji KelayakanAnggota Komisi III DPR RI, Ahmad Sahroni (Dok. ANTARA News)

Selain itu, politikus Partai NasDem ini juga meminta kepada Listyo memperbaiki citra Polri di masyarakat. Ke depan, kata dia, Polri harus mengedepankan prinsip humanisme dalam menjalankan seluruh tugas-tugasnya.

“Terciptanya hubungan humanisme pada masyarakat, siapa pun para kapolda sampai kapolsek, harus sigap untuk berkomunikasi,” ujar politikus yang dijuluki Crazy Rich Tanjung Priok ini.

2. Sahoni menilai Komjen Listyo layak menjadi kapolri

Ini Pertanyaan Komisi III ke Calon Kapolri saat Uji Kelayakan(Kapolri Jenderal Pol Idham Azis (kiri) melakukan salam komando dengan Kabareskrim Polri Inspektur Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo (kanan) usai saat serah terima jabatan (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

Lebih jauh, Sahroni menyebut, sosok Listyo sudah memenuhi kriteria sebagai calon kapolri menggantikan Idham Aziz. Listyo dinilai punya integritas baik untuk menjadi orang nomor satu di Korps Bhayangkara.

“(Komjen Listyo) sangat baik dan mumpuni jadi kapolri,” tuturnya.

3. Komjen Listyo pernah menempati jabatan strategis di Polri

Ini Pertanyaan Komisi III ke Calon Kapolri saat Uji KelayakanKabareskrim Polri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo (Dok. IDN Times/Istimewa)

Perlu diketahui, Presiden Joko "Jokowi" Widodo telah menunjuk Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo sebagai calon tunggal kapolri. Hal itu sesuai dengan Surat Presiden (Surpres) yang diantarkan Menteri Sekretariat Negara Pratikno ke pimpinan DPR pada Rabu, 13 Januari 2021.

Usai menyerahkan makalah calon Kapolri pada Selasa, 19 Januari 2021, Listyo akan menjalani fit and proper test dengan Komisi III DPR hari ini, Rabu (20/1/2021) pukul 10.00 WIB.

Listyo merupakan lulusan Angkatan Kepolisian (Akpol) 1991. Kariernya di Korps Bhayangkara cukup moncer. Dia pernah menduduki sejumlah jabatan penting saat bertugas di wilayah Jawa Tengah. Di antaranya Kapolres Pati, Wakapoltabes Semarang, dan Kapolres Solo.

Pada 2012, saat Jokowi menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, Listyo dirotasi ke ibu kota untuk menjabat sebagai Kasubdit II Dit Tipdum Bareskrim Polri.

Kemudian, pada 2013, Sigit kembali dirotasi menjadi Direktur Reserse Kriminal Umum (Reskrimum) Polda Sulawesi Tenggara. Hingga akhirnya pada 2014, Listyo dipercaya menjadi ajudan Presiden Jokowi.

Pada 2016, Listyo bertugas sebagai Kapolda Banten. Namun, saat dilantik, dia mendapat penolakan dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) Banten karena beragama Nasrani. Kendati, Listyo tetap dapat mengemban tugasnya dengan baik hingga 2018, berkat meminta dukungan kalangan ulama.

Pada 2018, Listyo pun mendapat kenaikan pangkat menjadi Inspektur Jenderal. Selang 13 hari kemudian atau tepatnya 13 Agustus 2018, Listyo menjadi Kepala Divisi Propam Mabes Polri.

Baca Juga: Kompolnas Beberkan Rekam Jejak Calon Kapolri Listyo ke Komisi III DPR

Topic:

  • Fitang Budhi Adhitia
  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya