Rute Perjalanan Nursaka, Bocah yang Lintasi 2 Negara Menuju Sekolah

Saka juga harus diperiksa petugas jaga perbatasan loh.

Jakarta, IDN Times - Nursaka, bocah pelintas batas antar negara memang sudah terbiasa melakukan perjalanan setiap berangkat menuju ke sekolah dari tempat tinggalnya.

Warga sekitarpun sudah tidak asing lagi dengan sosok bocah kelas 3 Sekolah Dasar tersebut yang memiliki semangat belajar tinggi, bahkan mereka tak segan memberikan tumpangan pada Saka, sapaannya, untuk menuju sekolahnya.

Berikut ini adalah rute perjalanan Saka untuk menuju ke sekolah dari tempat tinggalnya.

1. Harus melewati penjagaan petugas perbatasan

Rute Perjalanan Nursaka, Bocah yang Lintasi 2 Negara Menuju SekolahTwitter/@ditjen_imigrasi

Saka memulai harinya sejak pukul 06.00 WIB untuk bersiap menuju ke sekolah dari tempat tinggalnya di Tebedu, Malaysia. Dari rumah, Saka naik kendaraan umum yang disebut oplet dan menempuh jarak kurang lebih 3 kilometer untuk terlebih dahulu melewati Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Entikong untuk dilakukan pemeriksaan.

Setelah sampai di PLBN Entikong, Saka harus melewati pemeriksaan oleh para petugas penjaga perbatasan, kurang lebih selama 5 menit barang bawaan bocah ini harus di periksa untuk bisa masuk ke wilayah Indonesia.

Usai melewati pemeriksaan, Saka harus kembali melanjutkan perjalanan untuk menuju ke sekolahnya yang berada di SDN 03 Sontas, Entiokong, Kalimantan Barat dengan menggunakan ojek sejauh 5 kilometer.

2. Saka adalah seorang WNI

Rute Perjalanan Nursaka, Bocah yang Lintasi 2 Negara Menuju Sekolah(Nursaka sekolah lintas 2 negara) Twitter/@ditjen_imigrasi

Saka adalah seorang Warga Negara Indonesia, hanya saja dia harus tinggal di Tebedu, Malaysia karena pekerjaan ayahnya di tempat itu. 

Setiap harinya untuk bersekolah dia harus melewati dua negara, yakni Malaysia dan Indonesia.

Baca Juga: Mensos Tantang Mahasiswa Mengabdi ke Perbatasan

3. Saka viral di media sosial

Rute Perjalanan Nursaka, Bocah yang Lintasi 2 Negara Menuju SekolahTwitter/@ditjen_imigrasi

Kisah Nursaka ini menjadi sorotan publik setelah beredarnya video di akun Twitter @ditjen_imigrasi. Perjuangan Saka ini pun jadi perbincangan hangat netizen di media sosial.

Banyak sekali respons netizen yang mengaspresiasi semangat Saka untuk bersekolah. Seperti cuitan dari akun @SarjanaSinulin1. "Anak sd yg punya rasa nasionalis yg tinggi..patut kita apresiasi semangat anak kita ini generasi anak bangsa”. 

“Kok salute yaaa, aku terharuuu, semangat dek sekolahnya! semangat raih cita2mu. Tuhan memberkati selalu,” cuit akun @dyahayuMM.

Semangat terus ya, Saka! Apa pesanmu untuk sang pejuang perbatasan ini? Tulis di kolom komentar ya!

Baca Juga: Perjuangan Nursaka, Siswa SD yang Lintasi 2 Negara untuk Sekolah

Topik:

  • Dwifantya Aquina
  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya