Ini Strategi Pencarian Korban Lion Air di Tanjung Pakis Hari Ini

Korban kemungkinan terbawa arus hingga ke pantai

Jakarta, IDN Times - Badan SAR Nasional memaparkan strategi pencarian korban pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT 610, di perairan Tanjung Pakis Karawang, Jawa Barat, hari ini.  

Kepala Humas Badan SAR Nasional Suhri Sinaga mengatakan, cakupan pencarian tersebut mencapai pantai Tanjung Pakis untuk mencari korban yang mungkin terbawa arus hingga ke pantai. 

1. Penyelam mencari korban di kedalaman 25 meter

Ini Strategi Pencarian Korban Lion Air di Tanjung Pakis Hari IniANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

"Strategi pencarian besok (Jumat) dengan penyelaman kedalaman sekitar 25 meter, radius pencarian juga mencapai 20 kilometer," kata Suhri dalam konferensi pers di dermaga JICT II, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, seperti dikutip Antara, Jumat (9/11). 
     
Sedangkan untuk proses evakuasi pada hari ini akan didukung dengan menggunakan empat kapal dan empat perahu karet yang semuanya merupakan inventaris milik Basarnas. 

2. Puluhan penyelam diterjunkan

Ini Strategi Pencarian Korban Lion Air di Tanjung Pakis Hari IniANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Suhri berharap upaya maksimal yang dilakukan Basarnas untuk evakuasi korban hari ini bisa diterima pihak keluarga, apapun hasilnya.

"Untuk penyelam ada 60 yang akan kami terjunkan untuk pengangkatan jenazah. Itu yang bisa kami sampaikan, semoga keluarga korban juga bisa menerima," kata dia. 

3. CVR belum juga ditemukan

Ini Strategi Pencarian Korban Lion Air di Tanjung Pakis Hari IniANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Ketika ditanya soal kemungkinan penemuan bagian dari black box pesawat yaitu cockpit voice recorder (CVR), dia enggan berkomentar. Menurutnya, Badan SAR Nasional hanya bertanggung jawab dan fokus untuk mencari jenazah. 
   
"Kalau untuk bagian pesawat itu wewenang KNKT, kami hanya fokus untuk pencarian korban di laut," katanya. 
   
Hari ini, kapal KN Sadewa milik Badan SAR Nasional kembali membawa delapan kantong jenazah yang berisi bagian tubuh korban jatuhnya pesawat Lion Air nomor penerbangan JT 610. 
    
Dengan tambahan temuan ini, maka total kantong jenazah yang sudah didapat tim SAR hingga hari ke-11 pencarian menjadi 195 kantong jenazah.

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya