Istri Abu Hamzah Lemparkan Bom saat Proses Negosiasi

Bom di Sibolga juga melukai warga dan polisi

Jakarta, IDN Times - Seorang petugas kepolisian dan warga sekitar tempat tinggal Husain alias Abu Hamzah menjadi korban luka akibat bom yang dilakukan sang istri. Setelah melemparkan bom ke arah polisi dan warga, istri Abu Hamzah kemudian meledakan bom bunuh diri. Bom yang meledak sekitar pukul 01.30 WIB dini hari itu menyebabkan istri dan satu anak Abu Hamzah meninggal dunia.

1. Proses negosiasi gagal, istri Abu Hamzah pun melemparkan bom

Istri Abu Hamzah Lemparkan Bom saat Proses NegosiasiIDN Times/Istimewa

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri Brigjen Dedi Prasetyo mengatakan, usai polisi gagal melakukan negosiasi, istri Abu Hamzah melemparkan bom yang dibawanya keluar rumah.

“Satu petugas dilempar bom hingga terluka dan ada satu warga juga. Kondisi istrinya hancur saat dievakuasi,” ujar Dedi di Divisi Humas Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (13/3).

Baca Juga: [BREAKING] Istri Abu Hamzah Ledakkan Bom Bunuh Diri, Rumahnya Hancur

2. Ada empat bom yang dibawa istri Abu Hamzah

Istri Abu Hamzah Lemparkan Bom saat Proses NegosiasiIDN Times/Hendra Simanjuntak

Menurut Dedi istri Abu Hamzah membawa 4 bom aktif, di antaranya bom yang akhirnya melukai warga dan polisi, serta bom menewaskan dirinya sendiri serta anaknya.

“Jumlah bom dari pengakuan AH ada puluhan bom. Yang terakhir, (bom) aktif dibawa istrinya ada 4 dan bahan baku (peledak) ada puluhan kilo (di rumahnya),” jelasnya.

3. Masyarakat diminta jangan mendekat di lokasi kejadian

Istri Abu Hamzah Lemparkan Bom saat Proses NegosiasiIDN Times/Hendra Simanjuntak

Akibat lemparan bom itu, seorang polisi dan warga mengalami luka dibagian tubuhnya. Saat ini, mereka tengah menjalani proses perawatan secara intensif.

“Polisi ada luka mata, di tangan masih proses perawatan di Rumah Sakit Sibolga. Masyarakat yang jadi korban luka di wajah sama di tangan satu orang,” terang Dedi.

Oleh karena itu, perwira tinggi polisi berpangkat bintang satu ini juga meminta kepada warga sekitar agar meninggalkan sementara tempat tinggal mereka. Warga diminta jangan dahulu kembali sebelum ada informasi dan arahan dari pihak kepolisian.

Baca Juga: 10 Jam Negosiasi, Akhirnya Istri Abu Hamzah Ledakkan Bom Bunuh Diri

4. Istri dan anak Abu Hamzah meninggal akibat bom bunuh diri

Istri Abu Hamzah Lemparkan Bom saat Proses NegosiasiIDN Times/Hendra Simanjuntak

Atas kejadian bom bunuh diri tersebut, istri dan satu orang anak Abu Hamzah dinyatakan meninggal dunia dengan kondisi yang sangat mengenaskan.

“Barusan dari lapangan dan evakuasi ibu dan anak dapat dipastikan yang berada di kamar saat meledakkan diri ibu dan seorang anak kecil berusia 2 tahun lebih,” ujar Dedi saat dikonfirmasi wartawan, Rabu (13/3).

Baca Juga: Polisi: Istri Abu Hamzah Lebih Radikal dan Militan dari Suaminya

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya