Jejak Juliari Batubara, Politikus PDIP yang Dipanggil Jokowi ke Istana

Sebelum jadi politikus, Juliari merupakan pengusaha sukses

Jakarta, IDN Times - Anggota DPR RI periode 2014-2019 Juliari Peter Batubara jadi politikus pertama PDI Perjuangan yang dipanggil oleh Presiden Joko "Jokowi" Widodo ke Istana Kepresidenan Jakarta hari ini, Selasa (22/10). Juliari tiba di Istana sekitar pukul 10.05 WIB dengan mengenakan kemeja putih lengan panjang.

Pria yang kerap disapa Ari ini mungkin namanya kurang dikenal publik. Namun, di kalangan partai berlambang kepala banteng tersebut sosoknya sangat diperhitungkan. Berikut ini profilnya.

Baca Juga: Calon Menteri Jokowi, Syahrul Yasin Limpo Dipanggil ke Istana Hari Ini

1. Mengenyam pendidikan tinggi di Amerika Serikat

Jejak Juliari Batubara, Politikus PDIP yang Dipanggil Jokowi ke IstanaInstagram Juliaribatubara

Ari terlahir dari pasangan AP Batubara dan MH Tambunan pada 22 Juli 1972. Ia merupakan anak pertama dari tiga bersaudara.

Ari lahir dan besar di Jakarta. Semasa mudanya, ia dikenal sebagai anak yang aktif di organisasi sekolah. Ari mengenyam pendidikan sekolah dasar hingga sekolah menengah pertama di ASISI Tebet dan sekolah menengah atas di SMAN 8 Jakarta.

Setelah lulus dari SMA pada 1991, Ari lantas memutuskan untuk melanjutkan pendidikannya di negeri Paman Sam, Amerika Serikat. Ia mengenyam bangku kuliah di Riverside City College dan kembali melanjutkannya di Chapman University, California.

2. Pengusaha sukses di bidang pelumas

Jejak Juliari Batubara, Politikus PDIP yang Dipanggil Jokowi ke IstanaInstagram Juliaribatubara

Sebagai anak pertama, Ari memang sengaja dipersiapkan untuk meneruskan bisnis keluarga. Setelah menamatkan pendidikan di Amerika tahun 1998, Ari memang langsung ikut dalam perusahaan yang didirikan sang ayah yaitu PT Wiraswasta Gemilang Indonesia.

Meskipun ayahnya pemilik perusahaan, namun Ari memulai pekerjaannya dari level bawah. Tujuannya, agar ia mengerti seluk beluk dan problematika yang ada di perusahaan tersebut.

Barulah sejak 2003, Ari dipercaya sang ayah untuk memimpin perusahaan yang memproduksi pelumas ini. Sebagai perusahaan swasta pertama dan terbesar yang memproduksi pelumas, Ari memang banyak menorehkan prestasi dari segi bisnis dan perusahaan.

Pennzoil dan Evalub, jenis pelumas yang diproduksi PT Wiraswasta Gemilang Indonesia, meningkat sampai lima kali lipat.
      
Selain itu, Pennzoil dan Evalube kini tampil sebagai salah satu produk pelumas yang patut diperhitungkan dikala maraknya pemasaran produk pelumas asal luar negeri. Bahkan dari segi produk, Ari memperoleh beberapa sertifikasi seperti ISO 9002 dan ISO 14001.

3. Anggota DPR dan Wakil Bendahara Umum PDI Perjuangan

Jejak Juliari Batubara, Politikus PDIP yang Dipanggil Jokowi ke IstanaInstagram Juliaribatubara

Ari merupakan anggota DPR RI periode 2019-2024 dari Dapil Jawa Tengah I. Saat ini ia berada di Komisi VI terkait dengan Perdagangan, Perindustrian, Investasi, Koperasi, UKM & BUMN, Standarisasi Nasional. Dia terkenal sangat kritis terhadap hal-hal yang melanggar konstitusi dan hak rakyat.

Selain menjadi anggota dewan, ia juga kembali terpilih menjadi Wakil Bendahara Umum Bidang Program dalam Kongres ke-V PDI Perjuangan yang berlangsung di Sanur, Bali (8/8/2019) lalu.

Sikap politik dan komitmennya dalam memperjuangkan hak-hak rakyat melalui parlemen sudah teruji. Inilah yang menjadi pertimbangan mengapa Megawati Soekarnoputri masih memberi kepercayaan kepada Juliari untuk tetap hadir sebagai penyeimbang dalam struktur kepengurusan baru di internal PDI Perjuangan.

Baca Juga: Wakil Bendahara PDIP Ari Batubara Juga Diundang Jokowi ke Istana 

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya