Jika Terbukti Bebas Virus Corona, WNI di Natuna Pulang Pekan Depan

WNI yang dievakuasi dari Wuhan masih diobservasi

Jakarta, IDN Times - Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto akan mengizinkan 243 warga negara Indonesia pulang pekan depan, jika mereka dinyatakan sehat dan terbebas dari virus corona. Ratusan WNI tersebut masih menjalani masa observasi di Pulau Natuna selama masa inkubasi selama 14 hari, setelah dievakuasi dari Wuhan, Tiongkok.

Pernyataan itu disampaikannya usai menghadiri rapat koordinasi terbatas (Rakortas) bersama Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD.

“Ya jelas, doanya kita tadi supaya mereka tetap sehat,” kata Terawan di Kantor Kemenkopolhukam, Jakarta Pusat, Jumat (7/2).

1. Mekanisme pemulangan WNI ke kampung halaman masing-masing masih dibahas

Jika Terbukti Bebas Virus Corona, WNI di Natuna Pulang Pekan DepanPetugas medis menyemprotkan virus disinfektan ke ratusan WNI yang baru tiba dari Wuhan. ANTARA FOTO/Kementerian Luar Negeri

Terkait mekanisme pemulangan seluruh WNI itu, Terawan mengatakan hal tersebut akan dibahas setelah lewat satu pekan selang kedatangan mereka di Tanah Air pada Minggu (2/2) lalu.

“Ya lebih baik kalian tanya itu nanti, kan kita rapat kalau melewati hari minggu sudah lebih dari seminggu. Nah, di situ kita bahas pemulangan satu persatu, detail apa yang dilakukan, alamat dimana,” ujarnya.

2. Pemerintah akan sosialisasi agar mereka tidak dipandang negatif di lingkungannya

Jika Terbukti Bebas Virus Corona, WNI di Natuna Pulang Pekan DepanRatusan WNI yang dievakuasi dari wabah virus corona di Tiongkok, tiba di Bandara Hang Nadim, Batam, Kepulauan Riau, Minggu (2/2). (ANTARA FOTO/M N Kanwa)

Tak hanya soal pemulangan, menurut Terawan, pemerintah akan melakukan sosialisasi di daerah tempat tinggal 243 WNI tersebut. Hal itu dilakukan agar tidak ada pandangan negatif yang diberikan warga sekitar kepada mereka.

“Sosialisasilah ke daerah-daerah orang tuanya, ke tetangganya, ke pemda-pemda nya supaya saudara-saudara kita WNI yang sehat itu ojo nganti (jangan sampai nanti) di daerahnya malah diini (pandang negatif), gak boleh,” tuturnya.

Baca Juga: Mahfud MD Bersama Terawan Bahas Lokasi Baru Rumah Sakit untuk Corona

3. Sebanyak 238 WNI dinyatakan sehat berdasarkan pemeriksaan WHO

Jika Terbukti Bebas Virus Corona, WNI di Natuna Pulang Pekan DepanRatusan WNI tengah diobservasi di Pulau Natuna. Twitter.com/KemenkesRI

Sebanyak 238 WNI yang ada di Tiongkok akhirnya berhasil dievakuasi oleh pemerintah dengan menggunakan pesawat Batik Air, Minggu (2/2). Sebelum diterbangkan ke Tanah Air, pengecekan kesehatan telah dilakukan secara ketat. Saat itu, hasil pemeriksaan menunjukkan seluruh WNI tersebut sehat.

Setelah itu, mereka diterbangkan ke Pulau Natuna untuk dikarantina selama 14 hari. Selain 238 WNI yang dievakuasi dari Wuhan, sebanyak lima petugas yang melakukan evakuasi pun turut masuk karantina.

Istana Kepresidenan melalui Juru Bicara Presiden Joko “Jokowi” Widodo, Fadjroel Rachman memastikan semua WNI yang dijemput dari Wuhan, Tiongkok, telah dinyatakan sehat sesuai standar WHO (World Health Organization).

“Semua WNI yang dijemput dalam evakuasi kemanusiaan ini dipastikan semuanya dinyatakan sehat melalui prosedur kesehatan sesuai standar WHO,” kata Fadjroel Rachman dikutip dari Antara, Minggu (2/2).

Jika Terbukti Bebas Virus Corona, WNI di Natuna Pulang Pekan DepanCara pencegahan virus corona dan nomor penting yang bisa dihubungi terkait virus Corona (IDN Times/Arief Rahmat)

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App. Unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Pemerintah Bidik 100 Pulau Jadi Tempat Penanganan Virus Corona

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya