Comscore Tracker

Jimly Asshiddiqie Kantongi Suara Terbanyak DPD RI di DKI Jakarta

Jimly adalah mantan Ketua Mahkamah Konstitusional

Jakarta, IDN Times - Jimly Asshiddiqie meraih suara terbanyak dalam rekapitulasi suara hasil Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 untuk Calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia dari DKI Jakarta.

Berdasarkan rekapitulasi suara oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta di Hotel Bidakara Jakarta, pada Jumat (17/5) malam, calon senator yang juga mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) tersebut meraih 644.063 suara.

1. Sabam Sirait dan Fahira Idris berada di posisi kedua dan ketiga

Jimly Asshiddiqie Kantongi Suara Terbanyak DPD RI di DKI JakartaInstagram/@fahiraidris

Sementara, politisi senior yang juga mantan Sekretaris Jendral (Sekjen) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Sabam Sirait berada pada posisi kedua dengan 626.618 suara.

Pada peringkat tiga suara terbanyak diduduki oleh Fahira Idris yang sebelumnya telah menjadi anggota DPD periode 2014-2019. Putri politisi senior Partai Golkar Fahmi Idris tersebut meraih 581.108 suara.

2. Sylviana Murni diprediksi duduk di kursi DPD RI

Jimly Asshiddiqie Kantongi Suara Terbanyak DPD RI di DKI JakartaANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/kye/16

Masih ingat dengan Sylviana Murni yang pernah mengikuti Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta sebagai calon wakil gubernur pasangan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)? Mpok Sylvia meraih suara terbanyak keempat dengan 455.182 suara.

Berdasarkan hasil tersebut, keempat calon anggota DPD mengisi jatah empat kursi senator DKI Jakarta.

Baca Juga: Jimly Asshiddiqie: Jika Hanya 2 Paslon di Pilpres, Negara Ada Masalah

3. Tidak ada interupsi

Jimly Asshiddiqie Kantongi Suara Terbanyak DPD RI di DKI JakartaANTARA News/Aditya Pradana Putra

Sementara itu, berdasarkan pantauan, proses rekapitulasi suara untuk DPD RI di DKI Jakarta berlangsung lancar dan cepat. Tidak adanya interupsi dari saksi-saksi para calon anggota DPD RI berkontribusi terhadap proses rekapitulasi suara yang berlangsung kurang dari satu jam itu.

"Rekapitulasi DPD damai, mantap," teriak para saksi calon anggota DPD RI.

4. Nama populer lain yang duduki kursi DPD RI

Jimly Asshiddiqie Kantongi Suara Terbanyak DPD RI di DKI JakartaIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Andiara Aprilia Hikmat, anak mantan Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah mendapat suara terbanyak dalam pemilihan anggota DPD RI di Banten. Andiara memperoleh total 1.187.788 suara. Dari hasil tersebut, ia dipastikan mendapatkan kembali kursi DPD dari Banten.

Suara Andiara mengungguli Fadhlin Akbar, yang tidak lain adalah anak dari Gubernur Banten. Pada Pemilu 2014, Andiara juga terpilih sebagai Senator Banten dengan perolehan 904.421 Suara. Pada Pemilu 2019, suara Andiara mengalami kenaikan signifikan.

Andiara mengikuti jejak keluarganya. Putra Atut lainnya, Andika Hazrumy juga duduk sebagai senator sebelum menjadi wakil gubernur Banten sekarang ini.

Mantan Ketua Umum PSSI La Nyalla Mahmud Mattalitti yang meraup 2,26 juta suara, juga diperkirakan lolos menjadi anggota DPD RI dari Jawa Timur.

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Timur itu mengaku bersyukur, rakyat Jawa Timur memberikan kepercayaan kepada dirinya.

“Terima kasih kepada rakyat Jatim yang telah memberi kepercayaan kepada saya untuk menjalankan amanah ini,” ujar La Nyalla dilansir Antara, Sabtu (11/5).

Berdasarkan data salinan yang diperoleh dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Timur, La Nyalla mendapatkan 2.267.058 suara. Perolehan tersebut berada di peringkat kedua setelah Evi Zainal Abidin yang meraup 2.416.663 suara.

Baca Juga: Pemilu 2019 Banyak Masalah, Jimly: Saatnya Terapkan Pemilu Elektronik

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya