Jokowi Disebut Intervensi Rekomendasi Gibran di Pilkada, Puan: Gak Ada

Gibran legowo jika tak ada rekomendasi PDIP

Jakarta, IDN Times - Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani mengatakan tidak ada intervensi yang dilakukan Presiden Joko “Jokowi” Widodo, untuk memuluskan langkah putra bungsunya Gibran Rakabuming Raka di Pilkada Solo.

Hal tersebut menjadi pertanyaan publik, menyusul adanya intensitas pertemuan Jokowi dengan Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo beberapa waktu belakangan ini.

1. Pertemuan hanya sebatas silaturahmi

Jokowi Disebut Intervensi Rekomendasi Gibran di Pilkada, Puan: Gak Ada(Dok. IDN Times)

Puan mengatakan, pertemuan keduanya hanya sebatas silaturahmi antara kepala daerah dengan pimpinan tertinggi negara.

“Gak ada (intervensi), jadi jangan sampai kemudian berprasangka satu pertemuan silaturahmi kemudian kita lakukan antara sesama tokoh bangsa kemudian sepertinya ada berdiri di belakangnya padahal cuman silaturahmi aja,” kata Puan di DPP PDI Perjuangan, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (10/1).

Baca Juga: Achmad Purnomo Ikhlas Jika PDIP Pilih Gibran Jadi Cawalkot Solo

2. Jika Gibran terpilih, keputusan tersebut telah berdasarkan mekanisme partai

Jokowi Disebut Intervensi Rekomendasi Gibran di Pilkada, Puan: Gak AdaFit and proper test tiga calon wali kota solo di DPP PDI Perjuangan. (IDN Times/Fitang Budhi Adhitia)

Puan mengatakan, bila nantinya Gibran mendapatkan rekomendasi dari PDI Perjuangan untuk maju di Pilkada Solo, artinya keputusan tersebut telah melalui mekanisme yang ada di partai.

Saat ini, Gibran sedang bersaing ketat dengan Achmad Purnomo dan Teguh Prakosa yang ditugaskan DPC PDI Perjuangan Kota Solo, sebagai bakal calon wali kota dan wakil wali kota untuk mendapat rekomendasi dari DPP PDI Perjuangan,

“Kemudian kalau kemungkinan keluar rekomendasi itu artinya kami PDI Perjuangan merasa bahwa mekanisme itu sudah dijalani,” ujar fis.

Baca Juga: Gibran Tiba di DPP PDIP Jalani Uji Kelayakan Calon Wali Kota Solo

3. Gibran akan legowo jika tidak dipilih PDIP maju di Pilkada Solo

Jokowi Disebut Intervensi Rekomendasi Gibran di Pilkada, Puan: Gak AdaCawalkot solo Gibran Rakabuming Raka (tengah). (IDN Times/Fitang Budhi Adhitia)

Sementara, Gibran mengaku akan legowo jika nantinya tidak dipilih. Ia pun berjanji akan tetap mengabdi untuk partainya.

“Jika tidak mendapat rekomendasi sekalipun saya akan tetap berkomitmen untuk membesarkan partai dengan cara gotong-royong, melibatkan semua elemen baik kultur maupun struktur itu komitmen saya,” kata Gibran.

4. Achmad Purnomo fokus terhadap tahapan seleksi yang ada

Jokowi Disebut Intervensi Rekomendasi Gibran di Pilkada, Puan: Gak AdaCawalkot Solo Achmad Purnomo (tengah). IDN Times/Fitang Budhi Adhitia

Senada dengan Gibran, saat ini fokus utama Achmad Purnomo adalah untuk mengikuti setiap tahapan seleksi yang ada hingga selesai nanti.

“Saya kan kader partai, apa pun yang diputuskan partai akan kita laksanakan dengan sebaik mungkin,” kata Achmad.

Baca Juga: Menimbang-nimbang Pemulangan Eks WNI Kombatan ISIS di Suriah

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya